Berita Market

Pergerakan Rupiah Hari Ini (7/4) Masih Akan Tertekan Sentimen Eksternal

Kamis, 07 April 2022 | 03:00 WIB
Pergerakan Rupiah Hari Ini (7/4) Masih Akan Tertekan Sentimen Eksternal

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah berpotensi dalam tekanan pada perdagangan Kamis (7/4). Sentimen eksternal masih jadi pemberat rupiah.

Senior Economist Samuel Sekuritas Fikri C Permana mengatakan, saat ini investor dalam posisi risk averse, setelah The Fed mengindikasikan hawkish. Hal ini membuat pasar ekspektasi ada kenaikan bunga agresif.

Baca Juga: Penguatan Dolar AS Menekan Kurs Rupiah ke Rp 14.359

"Risalah pertemuan The Fed dimana tema pembahasannya akan mengenai besaran lift off. Hal ini kembali mendorong pasar risk averse," kata Fikri. Menurutnya, investor akan beralih ke dollar AS. Dari dalam negeri rupiah masih solid seiring aliran dana asing ke saham dan obligasi.

Analis DC Futures Lukman Leong mengungkapkan, pelemahan rupiah sejalan dengan indeks dollar AS yang menguat. Menurut dia, tren ini akan berlanjut pada Kamis (7/4). Terlebih, ada risalah pertemuan The Fed.

Yield obligasi AS yang kembali menguat, juga akan membawa kembali melemah. Hitungan Lukman, rupiah akan bergerak di kisaran Rp 14.335-Rp 14.425. Sementara Fikri memprediksi rupiah di Rp 14.320-Rp 14.420.

Di pasar spot, rupiah melemah 0,08% ke Rp 14.359 dan Jisdor turun 0,11% ke Rp 14.364 per dollar AS.

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Berpotensi Kembali Melemah Besok

Terbaru