Berita Mata Uang

Pergerakan Rupiah Hari Ini Bergerak Mendatar Menanti Data Inflasi AS

Senin, 12 September 2022 | 23:35 WIB
Pergerakan Rupiah Hari Ini Bergerak Mendatar Menanti Data Inflasi AS

Reporter: Aris Nurjani | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah hari ini masih akan bergerak mendatar. Perhatian pelaku pasar akan tertuju pada rilis data inflasi Amerika Serikat (AS). 

Kurs spot rupiah ditutup turun tipis 0,08% ke Rp 14.842 kemarin (12/9). Sedang kurs Jisdor Bank Indonesia naik tipis 0,04% ke Rp 14.839 per dollar AS.

Baca Juga: Rupiah Diprediksi akan Kembali Tertekan Pada Selasa (13/9), Ini Penyebabnya

Analis DCFX Futures Lukman Leong mengatakan, konsensus memperkirakan inflasi Amerika Serikat akan menurun dari 8,5% menjadi 8,1%. Namun The Fed diperkirakan mempertahankan sikap hawkish. "Rupiah masih akan datar cenderung melemah karena sikap investor wait and see," ujar dia, kemarin.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede juga mengatakan, data inflasi AS akan jadi petunjuk arah suku bunga AS ke depan. Selain itu, pelaku pasar juga mencermati perkembangan konflik Rusia dan Ukraina.

Sekadar info, Ukraina mulai melancarkan serangan balasan. Muncul harapan, bila Ukraina menang, perang berakhir dan harga komoditas kembali normal. 

Josua memprediksi, rupiah hari ini melemah dan bergerak antara Rp 14.800-Rp 14.900. Proyeksi Lukman, rupiah bergerak antara Rp 14.775-Rp 14.875 per dollar AS. 

Baca Juga: Rupiah Masih Tertekan Kebijakan Agresif Bank Sentral Dunia

Terbaru