Berita Global

Perubahan Protokol Semakin Dekat, Ether Bertahan di Posisi Tertinggi Sejak Juni

Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:03 WIB
Perubahan Protokol Semakin Dekat, Ether Bertahan di Posisi Tertinggi Sejak Juni

ILUSTRASI. Ilustrasi dari ethereum. 29 Juni 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - HONGKONG. Ether bertahan di posisi tertingginya selama dua bulan terakhir, pada hari Kamis (5/8), menjelang penyesuaian berskala besar, yang akan mengubah cara pemrosesan transaksi pada blockchain yang mendasarinya.

Pelaku pasar memperkirakan perubahan akan berjalan efektif hari ini sekitar pukul 12.00 GMT, atau 19.00 WIB. Secara teknis, upgrade akan otomatis terjadi setelah blockchain memverifikasi blok ke-12.965.000.

Uang kripto dengan nilai kapitalisasi terbesar kedua di dunia itu sempat tergerus 0,5% pada Kamis. Namun jika dihitung dalam periode satu pekan terakhir, ether menguat 18%, dan mencapai level tertingginya sejak awal Juni.

Baca Juga: Harga Bitcoin perpanjang penurunan, cemas kebijakan di AS dan China

Jaringan ethereum menopang berbagai proyek di dunia kripto termasuk token non-fungible (NFT) serta berbagai aplikasi keuangan terdesentralisasi, yang populer disingkat DeFi. NTF sendiri merupakan aset kripto, yang mewakili item digital tidak berwujud, seperti gambar, video, atau item dalam game.

Upgrade yang akan terjadi dikenal sebagai Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559. Ini akan mengubah cara transaksi diproses dan memberikan harga yang lebih jelas untuk mereka. Upgrade juga akan mengurangi pasokan token ether, sehingga besar kemungkinan harga ether akan naik tajam.

Beberapa bursa uang kripto besar, termasuk Binance dan OKEx, mengatakan, akan menangguhkan deposit dan penarikan aset berbasis ether, dan ether, selama proses penyesuaian berlangsung.

Pengelola bursa menyatakan, tindakan itu untuk mengurangi risiko perdagangan yang dipicu oleh volatilitas harga, serta untuk menjaga keamanan dana pengguna.

Selanjutnya: Menjelang Upgrade Blockchain, Harga Ether Melemah

 

 

Terbaru