Berita Global

PM China Peringatkan Ancaman Pemadaman, Konsumsi Listrik di Utara China Meningkat

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:50 WIB
PM China Peringatkan Ancaman Pemadaman, Konsumsi Listrik di Utara China Meningkat

ILUSTRASI. Cerobong pembangkit listrik di Shanghai, China, 14 Oktober 2021. REUTERS/Aly Song

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Penggunaan AC mendorong naik beban listrik di Provinsi Henan, China, hingga mencapai rekor baru pada Senin. Saat gelombang panas menyebar ke seluruh wilayah utara sungai Yangtze, penggunaan listrik diprediksi melonjak.

Beban listrik di Henan mencapai puncaknya, 71,08 juta kilowatt, melampaui rekor hari sebelumnya 65,34 juta kilowatt, menurut laporan media pemerintah yang diterbitkan Rabu pagi. 

Perdana Menteri Li Keqiang, yang mengunjungi perusahaan pembangkit listrik termal di Provinsi Hebei, mengatakan bahwa China harus meningkatkan kapasitas produksi batu bara untuk "secara tegas mencegah pemadaman listrik", menurut ringkasan media pemerintah yang diterbitkan Selasa malam.

Baca Juga: Bank Sentral Korea Perkirakan Risiko Pembayaran Utang Pebisnis Kecil Melonjak di 2023

Beberapa bagian dari Hebei dan provinsi terdekat dari Henan dan Shandong telah menghadapi kondisi seperti kekeringan sepanjang Juni.

Pada hari Rabu, administrasi meteorologi China mengeluarkan peringatan oranye peringatan suhu tinggi di wilayah di tiga provinsi.

Yang memperparah gelombang panas di utara China adalah hujan lebat di tujuh provinsi dan tornado yang merobek metropolo selatan Guangzhou, yang memutus pasokan listrik ke lebih dari 5.400 pengguna pekan lalu.


Baca juga