Berita Market

Prediksi Kurs Rupiah: Konflik AS-China Masih Jadi Sentimen Utama

Selasa, 03 Desember 2019 | 06:26 WIB
Prediksi Kurs Rupiah: Konflik AS-China Masih Jadi Sentimen Utama

ILUSTRASI. Petugas mengitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku pasar makin waswas melihat perkembangan negosiasi dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Pasalnya, belum ada tanda-tanda kesepakatan dagang akan terwujud.

Kondisi ini membuat kurs rupiah melemah 0,12% jadi Rp 14.125 per dollar AS di pasar spot, Senin (2/12). Inflasi Indonesia November yang positif juga tidak mampu menopang rupiah. "Karena deadline AS-China sudah dekat, 15 Desember mendatang," kata Ekonom Bank Permata Josua Pardede, kemarin.

Baca Juga: Rupiah melemah terdorong sentimen eksternal

Sentimen perang dagang masih akan mempengaruhi kurs rupiah hari ini. Apalagi, kata Direktur Garuda Berjangka Indonesia Ibrahim, China mengumumkan data manufaktur November yang menunjukkan pertumbuhan tercepat dalam tiga tahun terakhir.

Hal ini dikhawatirkan bisa mempengaruhi niatan AS membuat kesepakatan damai dengan China. Selain itu, bila data manufaktur AS positif, ada kemungkinan kurs rupiah kembali melemah.

Baca Juga: Rupiah, baht, ringgit, dollar Singapura bertekuk lutut terhadap dollar AS

Karena itu, rupiah diprediksi kembali melemah hari ini. Josua memprediksi rupiah bergerak antara Rp 14.075-14.150. Proyeksi Ibrahim, rupiah bergerak antara kisaran Rp 14.010- Rp 14.150.

 

Terbaru