Berita Market

Prediksi Rupiah-Dollar Hari Ini: Waswas Dengan Kenaikan Inflasi AS ke 8,5%

Selasa, 12 April 2022 | 04:30 WIB
Prediksi Rupiah-Dollar Hari Ini: Waswas Dengan Kenaikan Inflasi AS ke 8,5%

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengamat memprediksi, kurs rupiah ke dollar Amerika Serikat (AS) hari ini akan terbatas. Sebab, pelaku pasar masih berhati-hati menanti rilis data inflasi AS dan kebijakan Bank Indonesia (BI) terkait inflasi.

Research & Education Coordinator Valbury Asia Futures Nanang Wahyudin memprediksi rupiah akan cenderung melemah terbatas. Proyeksi dia, rupiah akan bergerak di rentang Rp 14.340-Rp 14.380 per dollar AS.

Ahmad Mikail Zaini Ekonom Sucor Sekuritas juga memprediksi rupiah akan melemah terbatas. Ia menganalisa rupiah akan bergerak di rentang Rp 14.350-Rp 14.365.

Menurut Nanang, pelaku pasar bersiap mengantisipasi inflasi AS kembali naik. Konsensus prediksi analis, inflasi AS bisa naik 8,5% secara tahunan di periode Maret.

China juga mengalami kenaikan inflasi meski ada lockdown. Ini meningkatkan kewaspadaan pasar terkait inflasi di dalam negeri. "Tinggal bagaimana BI menyikapi lonjakan inflasi dalam negeri," kata Nanang, kemarin.

Di sisi lain, Mikail menilai rupiah akan menerima katalis positif dari lockdown di China yang mulai longgar. Karena itu, pelemahan rupiah hari ini akan terbatas.

 

Terbaru