ILUSTRASI. Pelayanan pelanggan yang menggunakan SIM tertanam atau embedded SIM (eSIM) di XL Center Jakarta, Jumat (22/3/2024). Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengklaim, dengan mengurangi produksi dan distribusi kartu SIM fisik dan menggantinya dengan eSIM dapat mengurangi sampah karbon dan dampak lingkungannya untuk mendukung pembangunan, investasi, atau bisnis yang berkelanjutan. Sejak pertama diluncurkannya awal tahun lalu, sudah ada lebih dari 300.000?pengguna eSIM XL sampai dengan Februari 2024. (KONTAN/Cheppy A. Muchlis)
Reporter: Nadya Zahira | Editor: Rizki Caturini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) membukukan kinerja cukup baik tahun lalu. Pada tahun ini, kinerja EXCL berpotensi tetap tumbuh sejalan pendapatan yang naik di tengah peluang monetisasi layanan yang masih besar.
Pendapatan EXCL naik 10,9% secara year on year (yoy) menjadi Rp 32,4 triliun pada 2023. Kinerja ini terutama didorong monetisasi yang mencakup pengembangan digitalisasi dan personalisasi pengalaman pelanggan, serta penyesuaian harga. Peningkatan pendapatan ini utamanya juga didukung segmen data dan layanan digital dan managed service dan TI sebagai segmen bisnis terbaru.
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? Masuk
Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.