Berita Market

Proyeksi IHSG: Ada Peluang di Awal Pekan

Senin, 06 Januari 2020 | 06:49 WIB
Proyeksi IHSG: Ada Peluang di Awal Pekan

ILUSTRASI. Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) berjalan di dekat monitor pergerakan bursa saham saat pembukaan perdagangan saham tahun 2020 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Pada awal perdagangan pertama tahun 2020, Indeks Harg

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bisa kembali menguat di awal pekan ini. 

Pada perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (4/1), IHSG naik 0,63% ke 6.323,46. Investor asing juga melakukan aksi beli bersih senilai Rp 773,73 miliar.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan, di awal pekan ini investor akan menanti data indeks kinerja sektor jasa dan penjualan ritel di AS, Eropa, dan Asia. Indeks Jepang kembali dibuka setelah libur dan mengawali hari perdagangan dengan rilis data indeks manufaktur dan penjualan kendaraan di sana.

Sementara itu, dari dalam negeri, indeks keyakinan konsumen bulan Desember 2019 akan rilis dengan perkiraan turun dari bulan sebelumnya.

Baca Juga: Imigrasi Cekal Sepuluh Nama Terkait Kasus Jiwasraya

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji memprediksi, penguatan IHSG masih berlanjut pada perdagangan Senin (6/1). Ini tampak dari indikator MACD dan RSI yang menunjukkan sinyal positif.

"Di sisi lain, terlihat pola upward bar mengindikasikan potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," kata Nafan, Minggu (5/1).

Baca Juga: Bursa Saham Kering di Musim Hujan

Lanjar juga melihat, IHSG secara teknikal memantul pada support MA200 dan kembali bergerak diatas MA5. Pergerakan terlihat jenuh dari momentum maupun stochastic. Sehingga penguatan lanjutan mungkin akan terbatas melihat posisi upper bollinger band. "

Kami perkirakan IHSG akan bergerak menguat di 6.263-6.350," ujar Lanjar. Sedangkan Nafan memprediksi, IHSG akan menguat di 6.210-6.404.

Reporter: Kenia Intan
Editor: A.Herry Prasetyo


Baca juga