Berita Market

Proyeksi IHSG: Berpotensi Menguat Disokong Sentimen Suku Bunga

Kamis, 15 Agustus 2019 | 07:41 WIB
Proyeksi IHSG: Berpotensi Menguat Disokong Sentimen Suku Bunga

ILUSTRASI. IHSG Bursa Efek Indonesia

Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpotensi menguat pada perdagangan hari ini. Meski begitu, sentimen negatif global masih mengintai.

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menyebut, salah satu pendorong indeks saham yakni rapat petinggi Bank Indonesia (BI) pekan depan. Ada ekspektasi BI akan kembali menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menambahkan, dengan adanya sentimen bunga BI, indeks sektor properti dan industri dasar berpotensi naik, sehingga IHSG juga akan terdorong naik.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham SIMP, BBTN, dan TPIA untuk hari ini

Perkembangan seteru Amerika Serikat (AS) dan China juga memberi sentimen positif ke bursa. AS memutuskan menunda penerapan tarif 10% atas produk impor China.

Wawan memperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 6.250–6.300 hari ini. Hitungan Lanjar, IHSG akan bergerak di level 6.200–6.320.

Tapi Analis Panin Sekuritas William Sekuritas menilai ada potensi IHSG melemah. Ini bisa terjadi bila ketidakpastian di Eropa, terkait pertumbuhan ekonomi dan Brexit, menguat.

Kemarin IHSG naik 0,91% ke 6,267,33. Tapi asing net sell Rp 463,75 miliar.

Baca Juga: Peso Argentina terpuruk, rupiah masih bisa bangkit

Terbaru