Berita Market

Proyeksi IHSG: Ditopang Window Dressing

Selasa, 17 Desember 2019 | 05:55 WIB
Proyeksi IHSG: Ditopang Window Dressing

ILUSTRASI. IHSG MENGUAT. Penengendara berada di depan layar pergerakan saham kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (13/12). KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,23% ke 6.211,59 pada Senin (16/12). Indeks turut didukung investor asing yang mencatat beli bersih Rp 189,76 miliar.

Pada perdagangan Selasa (17/12), beberapa analis meramal IHSG lanjut menguat. Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani memperkirakan, IHSG akan melanjutkan penguatan dengan sentimen utama window dressing.

Baca Juga: Rekomendasi teknikal saham PTBA, AKRA dan SILO pada perdagangan, Selasa (17/12)

Sentimen inilah yang menjaga bursa kemarin tetap hijau kendati ada faktor negatif berupa defisit neraca dagang November sebesar US$ 1,3 miliar. Selain itu, pasar memperkirakan, suku bunga Bank Indonesia (BI) akan tetap ditahan di level 5%.

Senada, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memprediksi, IHSG akan lanjut menguat. Kesepakatan dagang fase pertama antara AS dengan China sedikit banyak dapat menjadi katalis positif bagi pergerakan IHSG.

Baca Juga: Meski ada kesepakatan fase satu, defisit yang dialami AS masih besar ketimbang China

Sementara dari sisi teknikal, Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai IHSG masih berusaha untuk keluar dari fase konsolidasi wajarnya.

Karena itu, William memperkirakan, IHSG akan lanjut menguat dengan rentang pergerakan 6.089-6.261. Proyeksi Herditya, support dan resistance IHSG akan berada di 6.130-6.260.

Reporter: Akhmad Suryahadi
Editor: Narita Indrastiti


Baca juga