Berita Market

Proyeksi IHSG: Investor Wait and See

Selasa, 24 September 2019 | 05:14 WIB
Proyeksi IHSG: Investor Wait and See

ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia

Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, dibayangi potensi pelemahan gara-gara banyaknya sentimen negatif. Kemarin, IHSG pun melemah 0,41% ke level 6.202,20.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji mengatakan, sentimen yang mempengaruhi indeks kemarin masih akan berpengaruh pada pergerakan bursa hari ini. Salah satunya soal perang dagang AS-China.

Baca Juga: Demo di depan DPR, ribuan mahasiswa tutup Jalan Gatot Subroto

Pasar juga mencemaskan no-deal Brexit, memanasnya hubungan antara AS dengan Iran, serta aksi demonstrasi Hong Kong. "Selain itu, minim sentimen positif dari dalam negeri," kata Nafan.

Head of Research Infovesta Wawan Hendrayana melihat, pelemahan indeks juga dipengaruhi berpindahnya investor dari pasar saham ke obligasi. Sentimen demo dan kurang stabilnya keadaan politik Indonesia menjadi salah satu penyebabnya.

Baca Juga: IHSG Hari Ini Turun 0,41% Ke Level 6.206,19

Menurut Wawan, investor cenderung wait and see menunggu pelantikan parlemen dan presiden. Tapi, dia optimistis IHSG berpeluang menguat, selama panasnya kondisi politik tak berujung ricuh. Proyeksi dia, IHSG bergerak di level 6.190–6.255.

Sedang Nafan memperkirakan IHSG terkoreksi dengan kisaran pergerakan antara support 6.119,47–6.149,02 dan resistance 6.239,00–6.282,06.

Terbaru