Berita Market

Proyeksi IHSG: Menunggu Neraca Dagang

Jumat, 15 November 2019 | 07:33 WIB
Proyeksi IHSG: Menunggu Neraca Dagang

ILUSTRASI. Pegawai melintas di depan layar pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (25/10/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Reporter: Harris Hadinata | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,71% ke level 6.098,95 pada perdagangan Kamis (14/11). Gejolak geopolitik global masih mendorong investor asing angkat kaki dari bursa.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, pelemahan IHSG kemarin tak lepas dari gejolak demonstrasi di Hong Kong serta pelambatan ekonomi Jepang dan China.

Untuk perdagangan hari ini (15/11), pasar juga akan memperhatikan sentimen lain, yaitu rilis neraca perdagangan Indonesia Oktober hari ini. Jika defisit melebar pasti berdampak negatif, ujar Herditya, kemarin. Selain itu, IHSG terimbas oleh pergerakan bursa regional Asia.

Meski demikian, Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya optimistis, data neraca perdagangan justru akan menguatkan IHSG pada perdagangan besok. Sekadar informasi, neraca perdagangan September lalu defisit US$ 160 juta.

Kendati IHSG terlihat sedang menguji level support, peluang IHSG menguat cukup besar. Oleh karena itu, William memprediksi IHSG berpotensi menguat dan bergerak di kisaran 6.024-6.202. Sementara Herditya memperkirakan IHSG akan lanjut melemah di kisaran 6.050-6.150.

 

Terbaru