Berita Bisnis

PTPP Jual Saham Tol Pandaan-Malang Kepada Astra Infra Senilai Rp 928,77 Miliar

Kamis, 30 Desember 2021 | 14:47 WIB
PTPP Jual Saham Tol Pandaan-Malang Kepada Astra Infra Senilai Rp 928,77 Miliar

ILUSTRASI. Jalan tol Trans Jawa di ruas Pandaan - Malang, Malang saat dalam proses pembangunan, Sabtu (23/2/2019). PTPP menjual 35% saham PT Jasamarga Pandaan Malang Tol kepada Astra Infra (30/12/21). KONTAN/Baihaki/24/2/2019

Reporter: Tedy Gumilar | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP Tbk (PTPP) sukses melakukan divestasi tol Pandaan-Malang yang dimilikinya kepada PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra).

PTPP dan Astra Infra telah meneken Akta Jual Beli Saham atau Sales Purchase Agreement (SPA) atas kepemilikan saham di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol pada Kamis (30/12).

Dalam perjanjian tersebut, PTPP sepakat untuk melepas 622.293 saham, setara 35 persen saham PT Jasamarga Pandaan Malang Tol yang dimilikinya kepada Astra Infra. Dus, seiring rampungnya transaksi jual-beli tersebut, PTPP tidak lagi memiliki saham di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol.

Merujuk keterbukaan informasi yang dirilis PTPP pada Kamis (30/12) dari hasil penjualan 35 persen saham PT Jasamarga Pandaan Malang Tol, PTPP meraup dana sekitar Rp 928,77 miliar.

PT Jasamarga Pandaan Malang Tol merupakan perusahaaan yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol untuk ruas Pandaan-Malang yang dibentuk sejak tahun 2016 dengan ruas panjang tol 38,5 kilometer.

Baca Juga: Rekor Terbesar, Tertinggi dan Terbanyak Sepanjang Sejarah Terukir di BEI Pada 2021

Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur dan telah beroperasi penuh sejak tahun 2020. 

Jalan Tol Pandaan-Malang dirancang untuk meningkatkan konektivitas di kawasan ini. Disamping itu, Jalan Tol Pandaan-Malang juga memiliki jalur yang melintasi 3 (tiga) wilayah, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Malang. 

"Aksi korporasi yang kami lakukan di pengujung akhir tahun 2021 ini merupakan salah satu momentum penting bagi PTPP sesuai dengan program smart recycling asset di tahun ini dengan melepaskan 35% porsi kepemilikan saham di JPM," ujar Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP (30/12).

Dana segar hasil smart recycling asset Jalan Tol Pandaan-Malang tersebut akan digunakan untuk tambahan modal kerja perusahaan dan pengembangan proyek investasi infrastruktur lainnya. 

Terbaru