Berita Market

Review IHSG: Tak Ada Katalis Positif

Sabtu, 23 November 2019 | 06:15 WIB
Review IHSG: Tak Ada Katalis Positif

ILUSTRASI. Pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia.

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minim katalis positif, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak melemah dalam sepekan terakhir. Jumat (22/11), IHSG melemah 0,28% ke 6.100,24. Sementara itu, dalam sepekan IHSG turun 0,45%.

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengatakan, pasar cukup bergairah saat rilis data neraca perdagangan Oktober 2019 menunjukkan hasil surplus. Tapi nyatanya, sentimen tersebut hanya berpengaruh jangka pendek. "Belum cukup membuat pasar lebih bergairah dalam jangka menengah dan jangka panjang," ucap dia, Jumat (22/11).

Baca Juga: Rupiah masih berpotensi tertekan pada pekan depan

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, pelemahan IHSG dipengaruhi oleh sentimen perkembangan kesepakatan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. "Sentimen lainnya adalah ketidakstabilan politik yang terjadi di Hong Kong," kata dia.

Pekan depan, Herditya memprediksikan IHSG bergerak di kisaran 6.060-6.200. Pasar masih menanti perkembangan perang dagang. Tak jauh beda, Hendriko memprediksi IHSG pekan depan akan bergerak sideways dengan kecenderungan melemah di kisaran 6.062-6.181.

Baca Juga: Bursa Asia mayoritas menghijau, ini penyebab IHSG ada di zona merah

Menurut dia, katalis positif yang bisa mendorong IHSG hanya keputusan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral mengenai kepastian perpanjangan kontrak sejumlah tambang batubara.

Sentimen lainnya adalah penerapan perubahan pada penghuni MSCI Global Indonesia Index dan MSCI Small Cap Indonesia Index mulai 26 November 2019. Tapi sentimen ini hanya berpengaruh ke beberapa emiten, bukan IHSG secara keseluruhan.

Terbaru