Berita Global

Shanghai Izinkan Bisnis di Daerah Bebas Covid Kembali Beroperasi Mulai Juni

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:06 WIB
Shanghai Izinkan Bisnis di Daerah Bebas Covid Kembali Beroperasi Mulai Juni

ILUSTRASI. Pekerja dengan alat pelindung diri menggunakan lift saat menyemprotkan disinfektan di wilayah pemukiman selama lockdown, ditengah pandemi virus corona (COVID-19), di Shanghai, China, Rabu (18/5/2022). REUTERS/Aly Song

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Shanghai akan mengizinkan lebih banyak bisnis di daerah nol-Covid untuk melanjutkan operasi normal sejak awal Juni, demikian pernyataan wakil walikota pada Kamis. Setelah menjalani lockdown kurang lebih dua bulanan, pusat komersial dan finansial China itu kini mulai berancang-ancang melonggarkan berbagai aturan pembatasan.

Setelah menjadi ajang perang wabah virus corona terbesar di China, Shanghai mengizinkan lebih banyak bisnis untuk dibuka kembali. Untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh pekan, Shanghai membiarkan lebih banyak penduduk meninggalkan rumah mereka .

Kota itu "berusaha untuk mencapai dimulainya kembali pekerjaan dan produksi secara penuh sesegera mungkin", kata wakil walikota Zhang Wei dalam jumpa pers.

"Ritme dimulainya kembali pekerjaan" akan didasarkan pada situasi pencegahan epidemi, ujar Zhang. Ia menambahkan bahwa selama sisa Mei, banyak pekerja akan tetap berada dalam "lingkaran tertutup", yang sering melibatkan staf yang tinggal di tempat kerja mereka.

Baca Juga: Nilai Impor Melonjak ke Rekor Baru, Defisit Perdagangan Jepang Melebar di April

Infrastruktur energi, air, dan informasi Shanghai yang stabil selama wabah "menjamin bahwa denyut nadi kota memiliki kekuatan untuk mengalahkan setelah perlambatan, dan juga mendukung pemulihan ekonomi kota yang berkelanjutan", katanya.

Setelah hampir dua bulan gangguan, pengiriman kargo secara bertahap kembali normal, kata Zhang. Arus peti kemas harian di pelabuhan Shanghai sekarang di tingkat 90% dari level tahun lalu.

Throughput kargo Bandara Pudong telah mencapai 70% dari tingkat tahun lalu. Sementara kendaraan barang yang masuk dan keluar kota kembali ke kisaran dua pertiga dari level normal.

Yu Fulin, seorang pejabat di komisi transportasi Shanghai, mengatakan kepada pengarahan bahwa kota itu akan mulai memulihkan transportasi umum lintas distrik utama pada 22 Mei. Prioritasnya adalah membuka kembali rute yang menghubungkan bandara kota, stasiun kereta api dan rumah sakit, katanya.


Baca juga