Berita Bisnis

Soechi Lines Terus Menjaga Utilitas Armada

Kamis, 16 Mei 2019 | 08:55 WIB
Soechi Lines Terus Menjaga Utilitas Armada

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manajemen PT Soechi Lines Tbk masih optimistis bisa mencetak pertumbuhan kinerja pada tahun ini. Mereka akan memaksimalkan bisnis pengangkutan kapal dan galangan kapal​.

Direktur Keuangan PT Soechi Lines Tbk, Paula Marlina mengatakan terus mengoptimalkan tingkat utilitasnya. Hingga kuartal pertama tahun ini, tingkat utilitas Soechi Lines mencapai 92,7%.

Emiten berkode saham SOCI di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini bakal terus memperkuat kedua lini bisnisnya, yakni pelayaran dan galangan kapal. Dalam bisnis galangan kapal, Soechi masih terus menyediakan jasa distribusi dan logistik minyak mentah, produk minyak dan liquefied petroleum gas (LPG) untuk perusahaan migas atau kimia.

Sejauh ini, Soechi Lines memiliki 39 kapal dengan total kapasitas 1,58 juta dwt. Pada tahun ini, manajemen SOCI belum berencana menambah armada baru. "Tapi bisa saja membeli kapal jika memang ada permintaan dari pelanggan," kata Paula, Rabu (15/5).

Sepanjang tahun lalu, SOCI mengakuisisi dua kapal jenis tanker yang digunakan untuk pengangkutan minyak dan gas. Setiap tahun, yang paling penting di bisnis pelayaran itu harus memastikan armada bisa beroperasi dengan baik. Oleh karena itu, setiap periode harus ada perawatan," ungkap Paula.

Dari sisi prospek, saat ini bisnis pelayaran memiliki peluang cukup bagus. Oleh sebab itu, Soechi Lines terus menjaga tingkat utilitas kapal mereka. Adapun lini bisnis galangan kapal yang menyediakan jasa pembangunan kapal dan jasa perbaikan, serta perawatan kapal yang berlokasi di free trade zone Karimun Kepulauan Riau memiliki kapasitas 50.000 dwt floating dry dock.

Selama kuartal pertama tahun ini, Soechi Lines mengantongi pendapatan sebesar US$ 40,29 juta. Jumlah tersebut melonjak 40,87% dibandingkan pendapatan di periode yang sama tahun sebelumnya senilai US$ 28,60 juta. Dari sisi bottom line, SOCI mencatatkan laba tahun berjalan yang diatribusikan ke pemilik entitas induk (laba bersih) senilai US$ 6,17 juta, naik lebih dari empat kali lipat dari laba bersih setahun lalu sebesar US$ 1,36 juta.

Investor Relations SOCI, Monalisa menyebutkan, kenaikan pendapatan lantaran tingkat utilitas meningkat menjadi 92,7% dari periode yang sama tahun lalu 83,5%. Adapun kapasitas time charter sudah mencapai 97%.

Reporter: Ika Puspitasari
Editor: Yuwono triatmojo


Baca juga