Berita Market

Terimbas Harga Minyak, Begini Prediksi Kurs Rupiah Hari Ini (27/4)

Senin, 27 April 2020 | 05:24 WIB
Terimbas Harga Minyak, Begini Prediksi Kurs Rupiah Hari Ini (27/4)

ILUSTRASI. Karyawan money changer menghitung mata uang pecahan 100 $ US di salah satu money changer di Tangerang Selatan, Jumat (17/4). Rupiah di kurs tengah BI kembali menguat 1,80% jika dibandingkan dengan posisi hari sebelumnya di Rp 15.787 per dolar AS. Dengan p

Reporter: Arvin Nugroho | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah masih berpeluang melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini, Senin (27/4).

Sepanjang pekan lalu lalu, kurs rupiah ditutup menguat 0,42% ke Rp 15.400 per dollar AS.

Head of Research Pefindo Fikri C. Permana mengatakan, arah rupiah akan bergantung pada harga minyak. "Seandainya harga minyak menguat, akan berdampak positif bagi rupiah," kata dia, akhir pekan lalu.

Selain itu, indeks dollar AS juga menjadi penentu arah rupiah. Pekan lalu, langkah parlemen AS meloloskan paket stimulus US$ 500 miliar berimbas pada pelemahan indeks dollar AS. Pasalnya, stimulus membuat investor lebih pede masuk ke aset berisiko, termasuk rupiah.

Baca Juga: Penanganan Corona Masih Jadi Pusat Perhatian, Begini Proyeksi IHSG Hari Ini (27/4)

Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo mengatakan, arus modal asing di Indonesia menjadi sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan kurs rupiah ke depan. Pelaku pasar juga masih mengamati perkembangan penanganan penyebaran virus corona.

Fikri memprediksi, hari ini rupiah cenderung stabil dan bergerak di rentang Rp 15.180-Rp 15.580 per dollar AS. Sedangkan, proyeksi Sutopo, rupiah bergerak di Rp 15.500-Rp 15.750 per dollar AS.

 

Terbaru