Berita Market

Wall Street Melanjutkan Kenaikan, Tanda-Tanda Perdamaian AS-China Kian Nyata

Sabtu, 19 Januari 2019 | 04:41 WIB
Wall Street Melanjutkan Kenaikan, Tanda-Tanda Perdamaian AS-China Kian Nyata

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Saham AS naik pada hari Jumat seiring meningkatnya harapan bahwa Amerika Serikat dan China akan menyelesaikan sengketa perdagangan mereka.

Wall Street bergerak lebih tinggi setelah laporan Bloomberg mengatakan China berusaha meningkatkan impor barang tahunan dari Amerika Serikat dengan nilai gabungan lebih dari US$ 1 triliun untuk mengurangi surplus perdagangannya menjadi nol pada tahun 2024.

Berita itu menyusul laporan pada hari Kamis bahwa Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin sedang mempertimbangkan untuk mengangkat sebagian atau semua tarif yang dikenakan terhadap impor Tiongkok. Seorang juru bicara Departemen Keuangan membantah Mnuchin telah membuat rekomendasi semacam itu.

Dengan kenaikan semalam waktu New York, berarti tiga indeks utama di Wall Street sedang menuju kenaikan mingguan keempat berturut-turut. Reli yang kuat pada bulan Januari telah menempatkan indeks acuan S&P 500 di jalur kenaikan bulanan tertinggi sejak Maret 2016.

S&P 500 sekarang 9% di bawah rekor penutupan September 20. Sebelum ini S&P pernah turun hingga 19,8% dari bawah level itu atawa mendekati dekat ambang 20% yang biasanya dianggap mengkonfirmasi pasar bearish pada Malam Natal.

"Ini risk-on lagi," kata Tim Ghriskey, kepala strategi investasi di Inverness Counsel di New York. "Kita telah mendapatkan tanda-tanda perdamaian dari Tiongkok terkait perdagangan. Jelas ada reaksi yang sangat positif dari pasar."

Meski begitu, kata Ghriskey, volume perdagangan yang relatif ringan minggu ini menunjukkan bahwa beberapa investor masih menanti.

"Negosiasi perdagangan masih belum pasti, terlepas dari tanda-tanda perdamaian yang tampak," katanya.

Dow Jones Industrial Average naik 280,1 poin (1,15%) menjadi 24.650,2. S&P 500 naik 29,08 poin (1,10%) menjadi 2.665,04. Adapun Nasdaq Composite bertambah 57,63 poin (0,81%) menjadi 7.142,09.

Pasar saham AS akan ditutup pada hari Senin untuk liburan Martin Luther King Jr.

Sektor industri naik 1,7%, kenaikan terbesar di antara sektor utama S&P 500. Sektor semikonduktor Philadelphia SE naik 2,2%. Kedua kelompok saham ini peka terhadap perkembangan perdagangan.

Saham teknologi yang merupakan adalah pendorong terbesar S&P 500, naik 1,2%, sementara sektor utilitas defensif melambat.

Para analis telah menurunkan perkiraan tahunan pendapatan kuartal keempat atas perusahaan-perusahaan S&P 500 menjadi 14,2% tahun-ke-tahun dari 20,1% yang diperkirakan pada 1 Oktober, menurut data IBES dari Refinitiv.

Terbaru