Berita Ekonomi

Total Transaksi dengan Valuta Lokal Indonesia-Thailand Senilai Rp 121 Miliar

Senin, 25 Maret 2019 | 07:26 WIB
Total Transaksi dengan Valuta Lokal Indonesia-Thailand Senilai Rp 121 Miliar

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kerjasama Indonesia dengan Thailand untuk menggunakan mata uang lokal atawa Local Currency Settlement (LCS) mulai menuai hasil. Selama dua bulan pertama di tahun ini saja, total transaksi perdagangan melalui LCS mencapai THB 272 juta atau setara Rp 121 miliar.

"Meningkat tajam dari periode yang sama tahun lalu sebesar THB 69,5 juta atau setara Rp 30 miliar," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Sabtu (23/3). Sepanjang 2018, total transaksi perdagangan melalui LCS mencapai rata-rata THB 130 juta atau setara Rp 58 miliar per bulan.

Implementasi LCS antara Indonesia dan Thailand yang diberlakukan sejak akhir tahun 2017 telah memberikan kepercayaan pasar dan berdampak positif bagi perdagangan bilateral Indonesia dan Thailand. Selain kerjasama LCS, Perry dan Gubernur Bank of Thailand Veerathai Santiprabhob sepakat memperkuat kerjasama antar otoritas moneter di kedua negara.

Kerjasama itu dinilai perlu untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks di tengah ketidakpastian perekonomian global yang tinggi.

Terbaru