Berita

Amankan Pasokan Baterai Mobil Listrik, Honda Patungan dengan Dua Perusahaan China

Rabu, 07 September 2022 | 13:20 WIB
Amankan Pasokan Baterai Mobil Listrik, Honda Patungan dengan Dua Perusahaan China

ILUSTRASI. Pabrik mobil listrik milik Dongfeng Honda Automobile Co., Ltd., unit usaha Honda dan Dongfeng.

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Honda Motor Co pada Rabu mengatakan bahwa unit usahanya di China akan membentuk usaha patungan dengan Dongfeng Motor Group dan Guangzhou Automobile Group pada akhir bulan ini. Preusahaan patungan itu akan menyediakan baterai yang dibutuhkan kendaraan listrik.

Divisi pembuat mobil Honda di China juga sepakat untuk memperkuat kemitraan yang ada dengan CATL, pembuat baterai terbesar di dunia, untuk memastikan pasokan baterai yang stabil, katanya dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Ada Banyak Kendala, Ekspor Impor China pada Agustus Tumbuh Lebih Lambat

Saat ini, perusahaan patungan Honda untuk memproduksi dan menjual kendaraan roda empat di China, Dongfeng Honda dan Guangqi Honda, menerima baterai mereka secara terpisah dari CATL.

Namun, perubahan terbaru akan memungkinkan pengadaan baterai yang dipusatkan melalui usaha patungan yang akan segera diluncurkan untuk meningkatkan efisiensi.

Honda akan menginvestasikan 50% ke dalam usaha patungan, sementara Dongfeng dan Guangzhou masing-masing akan menginvestasikan 25% ke dalamnya.

Produsen mobil Jepang itu mengatakan Selasa bahwa pihaknya telah membentuk kemitraan dengan perusahaan perdagangan Hanwa Co untuk mengamankan pasokan stabil logam yang digunakan dalam baterai untuk kendaraan listrik.

Terbaru
IHSG
7.288,81
0.29%
-21,28
LQ45
985,97
0.44%
-4,40
USD/IDR
15.853
0,35
EMAS
1.249.000
2,21%