Berita Bisnis

Bank Mengejar Rezeki dari Bisnis Remitansi

Minggu, 02 Mei 2021 | 09:38 WIB
Bank Mengejar Rezeki dari Bisnis Remitansi

ILUSTRASI. Mengutip data Bank Dunia, jumlah pengiriman dana dari luar negeri ke Indonesia diperkirakan US$ 9,8 miliar atau setara Rp 142 triliun.Pho/KONTAN/Achmad Fauzie.

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Orang bijak berkata, optimisme adalah keyakinan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan. Kalimat bijak tersebut, tampaknya sangat pas menggambarkan tekad perbankan di Tanah Air dalam menggenjot jasa pengiriman uang antarnegara alias remitansi.
              
Buktinya, kendati pandemi Covid-19 di negeri ini belum berakhir, sejumlah bank tetap optimistis mengembangkan layanan remitansi. Lihat saja yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Selasa dua pekan silam (20/4), BRI mengumumkan kerjasama remitansi dengan Western Union, perusahaan penyedia layanan transfer dana global.
              
Kerjasama yang dilakukan BRI dengan Western Union itu berupa penyediaan layanan remitansi yang memungkinkan nasabah di Indonesia dapat menerima pengiriman dana dari luar negeri di lebih dari 9.000 unit kerja BRI yang tersebar di seluruh Nusantara. 
              
Lewat kolaborasi itu, para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dapat mengirimkan dana menggunakan digital service Western Union yang tersedia di 75 negara. Atau, melalui Agen Western Union yang berada di seluruh dunia. Sedangkan untuk pengiriman outgoing transfer dari BRI di Indonesia akan mulai berjalan pada tahun ini.

Listiarini Dewajanti, Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI, mengatakan perseroan selalu fokus untuk menjaga pertumbuhan bisnis remitansi. Apalagi, masyarakat muslim Indonesia yang ada di dalam maupun luar negeri, tengah bersiap untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran pada Mei mendatang. 
              
Dengan jumlah unit kerja lebih dari 9.000 outlet dan tersebar di seluruh Indonesia, BRI optimistis dapat memberikan layanan remitansi terbaik. Ini terutama bagi para penerima dana yang membutuhkan pengambilan dana secara cepat dan efisien. "Semoga kerjasama ini  memberikan efek positif bagi kedua pihak,” kata Listiarini.

Selanjutnya
Halaman   1 2 3

Baca juga