Bisnis Ekspor-Impor AS dan China Sama-Sama Tercekik Tarif Perang Dagang

Jumat, 31 Mei 2019 | 17:38 WIB
Bisnis Ekspor-Impor AS dan China Sama-Sama Tercekik Tarif Perang Dagang
[]
Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China berdampak serius pada bisnis ekspor-impor. Penetapan tarif baru memaksa para eksportir dan importir berebut  menaikkan harga jual atau mencari berbagai cara agar margin tak tergerus. 

Pengimpor anggur Shanghai Alex Chen misalnya, telah menghabiskan 10 hari terakhir untuk memindahkan semua anggur Amerikanya, mulai dari jenis chardonnays hingga zinfadels, keluar dari gudang di zona perdagangan bebas. Ini untuk menghindari tarif tambahan yang mulai berlaku pada Sabtu mendatang.

Chen memperkirakan, ia memiliki persediaan untuk tiga bulan. Setelah itu, ia bakal fokus bermitra dengan pemasok anggur dari tempat-tempat lain, seperti Chile atau Australia. 

Seprerti diketahui, China meningkatkan tarif untuk anggur Amerika. Hal tersebut membuat perusahaannya, Alexancer Wine Co sulit memperoleh margin. "Ini akan meruntuhkan pasar anggur AS," ujarnya seperti dikutip Reuters, Jumat (31/5). 

Perang dagang antara dua raksasa ekonomi terbesar di dunia sudah berlangsung dalam 10 bulan belakangan. Tensi perang dagang makin meningkat di awal bulan ini usai Presiden As Donald Trump memberlakukan putaran tarif baru. Hal itu membuat perusahaan-perusahaan yang terdampak langsung tarif ini harus berjuang untuk mengubah strategi bisnis dan menaikkan harga. 

Harlan Stone, Kepala Eksekutif Metroflor yang berbasis di Connecticut mengatakan, dia telah mengirim surat elektronik ke distributornya untuk memberi tahu mereka tentang rencana penaikkan harga pada lantai vinyl buatan China sebesar 13,5%. Ini dilakukan setelah Trump menaikkan tarif barang-barang China pada 9 Mei lalu. 

Stone mengatakan, awalnya dia dan distributornya memikul tarif awal sebesar 10% di tahun lalu. "Dalam jangka panjang, kami percaya pasar dapat menyerap 10%. Tapi kami juga tahu, pasar tidak akan mampu menyerap 15% tambahannya," ujar Stone, yang menjual mengambil ubin vynil mewah dari pabrik di di timur China untuk dijual di AS. 

"Ini akan langsung berdampak ke konsumen. Tidak ada yang tahu apakah kebiasaan membeli mereka akan tetap sama. Ada risiko," ujarnya. 

Mencari alternatif

Perang dagang memang mengubah aliran barang-barang global, dengan perusahaan AS. Analis S&P Global Market Intelligence, Panjiwa mengatakan, perang dagang telah menggeser pembelian produk-produk yang terkena dampak, seperti furnitur, lemari es, dan ban mobil, ke negara-negara seperti Vietnam dan Korea Selatan.

Trump, yang marah lantaran lonjakan imigran ilegal yang melintasi perbatasan selatan, berjanji pada Kamis lalu, untuk memberlakukan tarif pada semua barang yang datang dari Meksiko. Ini makin mengancam aliran perdagangan global. 

Pembelian produk-produk AS ke China juga anjlok. Menurut data Departemen Pertanian AS, total pengiriman produk pertanian AS ke China telah turun 44% atau US$ 2,1 miliar, pada kuartal pertama 2019, dibandingkan periode yang sama tahun 2018 lalu. 

Angka itu termasuk penurunan 45% dalam pengiriman sereal sarapan AS,  penurunan 34% impor daging sapi, serta pengurangan 20% terhadap pembelian daging babi AS. Impor makanan hewan peliharaan turun 35%, anggur dan bir turun 20%, dan pembelian kacang-kacangan seperti almond turun 47%. 

Beberapa importir di China mengatakan kepada Reuters bahwa mereka memilih untuk mencari lebih banyak daging babi dan sapi dari negara-negara lain seperti Argentina atau Spanyol, karena penjualan produk AS semakin tidak kompetitif.

"Pengimpor langsung memberi tahu kami kalau membeli dari mereka, biaya akan naik 30%-40%," kata Dmytro Soroka, Manajer Operasi Gusto.Harga yang naik hanya akan membuat produk lain dibawa dari berbagai negara lain menjadi lebih menarik bagi pelanggan. 

Distributor anggur AS yang fokus pada penjualan ke China juga mengaku kesulitan untuk bisa optimistis dalam iklim seperti ini. 

Michael Honig, presiden Honig Vineyard & Winery Napa Valley mengatakan, kenaikan tarif telah mencekik bisnis anggur ke China yang telah berlangsung selama 10 tahun. Pada 2016, kilang anggur keluarga kecilnya menjual sekitar 1.000 kotak anggur ke China. Angka ini turun hingga ke nol pada tahun lalu.

Data Wine Institute menunjukkan, ekspor anggur AS ke Cina mencapai US$ 59 juta pada tahun 2018. Secara volume, angka ini turun 13% dan secara nilai, telah turun 25% dibandingkan dengan 2017 silam. 

Bagikan

Berita Terbaru

RI Ajak Investor Inggris Investasi di Sektor EBT
| Sabtu, 23 November 2024 | 11:57 WIB

RI Ajak Investor Inggris Investasi di Sektor EBT

Menteri Investasi dan Hilirisasi Rosan Roeslani memamerkan sejumlah upaya pemerintah untuk menciptakan iklim bisnis di sektor energi terbarukan

Ribuan Orang Teken Petisi Tolak Kenaikan Tarif PPN
| Sabtu, 23 November 2024 | 11:52 WIB

Ribuan Orang Teken Petisi Tolak Kenaikan Tarif PPN

Lebih dari 5.000 orang telah menandatangani petisi online yang telah dibuat sejak 19 November 2024 tersebut

Persiapan Tol Trans Jawa untuk Mudik Libur Nataru
| Sabtu, 23 November 2024 | 11:45 WIB

Persiapan Tol Trans Jawa untuk Mudik Libur Nataru

Pemerintah memastikan bahwa Tol Trans Jawa siap dilintasi saat libur Natal dan 2024 dan Tahun Baru 2025

Subsidi Pupuk Tetap Dalam Bentuk Volume Barang
| Sabtu, 23 November 2024 | 11:39 WIB

Subsidi Pupuk Tetap Dalam Bentuk Volume Barang

Pemerintah akan menggelontorkan pupuk subsidi sebanyak lebih dari 9 juta ton secara langsung kepada petani

Duit Beredar Melambat Tanda Isi Dompet Cekak
| Sabtu, 23 November 2024 | 11:30 WIB

Duit Beredar Melambat Tanda Isi Dompet Cekak

Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa pertumbuhan jumlah uang beredar dalam arti luas (M2) melambat pada Oktober 2024

Bumi Citra Permai (BCIP) Bidik Cuan Bisnis Kaveling Industri
| Sabtu, 23 November 2024 | 10:38 WIB

Bumi Citra Permai (BCIP) Bidik Cuan Bisnis Kaveling Industri

PT Bumi Citra Permai Tbk bersiap menggenjot bisnis dengan menyediakan lebih banyak kaveling industri dan pergudangan. 

Sampai Akhir September 2024, Laba Bersih Summarecon Agung (SMRA) Melejit 43%
| Sabtu, 23 November 2024 | 07:19 WIB

Sampai Akhir September 2024, Laba Bersih Summarecon Agung (SMRA) Melejit 43%

Pertumbuhan laba bersih SMRA itu didongkrak melejitnya pendapatan di periode Januari-September 2024.

Pendapatan dan Laba Harita Nickel (NCKL) Melesat di Kuartal III-2024
| Sabtu, 23 November 2024 | 07:11 WIB

Pendapatan dan Laba Harita Nickel (NCKL) Melesat di Kuartal III-2024

Pendapatan dan laba bersih PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) alias Harita Nickel kompak naik di sembilan bulan 2024. 

Menguat Dalam Sepekan, IHSG Ditopang Optimisme Pasar
| Sabtu, 23 November 2024 | 07:01 WIB

Menguat Dalam Sepekan, IHSG Ditopang Optimisme Pasar

Dalam sepekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakumulasi penguatan 0,48%. Jumat (22/11), IHSG ditutup naik 0,77% ke level 7.195,56 

Insentif Pajak Lanjutan, Harapan Emiten Kendaraan Listrik
| Sabtu, 23 November 2024 | 06:54 WIB

Insentif Pajak Lanjutan, Harapan Emiten Kendaraan Listrik

Menakar efek insentif pajak lanjutan PPnBM DTP dan PPN DTP terhadap prospek kinerja emiten kendaraan listrik​.

INDEKS BERITA

Terpopuler