Berita Global

Bursa Shanghai Meluncurkan Perdagangan Karbon Esok Hari

Kamis, 15 Juli 2021 | 20:54 WIB
Bursa Shanghai Meluncurkan Perdagangan Karbon Esok Hari

ILUSTRASI. Pembangkit listrik energi terbarukan di Dunhuang, Provinsi Gansu, China, 10 Juni 2011. REUTERS/Stringer/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Skema perdagangan emisi karbon nasional (ETS) di China yang telah lama ditunggu,  akan bergulir pada 16 Juli, demikian pernyataan Shanghai Environment and Energy Exchange, Kamis (15/7).

Skema yang terbesar di dunia itu termasuk bagian dari rencana China untuk memanfaatkan mekanisme pasar, untuk membantu membawa emisi karbonnya ke puncak sebelum 2030 dan menjadi nol pada 2060.

Platform perdagangan ETS di China akan dikelola bursa Shanghai.

Baca Juga: Kembangkan energi bersih, Pertamina alokasikan US$ 8 miliar

Reuters melaporkan bahwa kementerian lingkungan China akan menggelar seremoni peluncuran bursa pada Jumat (16/7).

Tahap pertama perdagangan akan melibatkan sekitar 2.225 pembangkit listrik, yang bertanggung jawab atas lebih dari 4 miliar ton emisi karbon dioksida per tahun.

Skema ETS China di tahap awal menetapkan batas perdagangan harian sebesar 10% dari harga dan batas untuk kesepakatan blok akan ditetapkan pada 30% dari pergerakan harga.

Perdagangan akan berlangsung setiap hari kerja, dalam dua sesi, masing-masing dari pukul 9.30-11.30, dan berlanjut ke 13.00-15.00 waktu Shanghai.

Selanjutnya: REC PLN Mulai Mendapat Sambutan Positif Dari Industri Di Indonesia

 


Baca juga