KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memberikan hadiah atau kado, sudah menjadi kebiasaan yang masyarakat lakukan. Biasanya, kado diberikan saat ada peringatan atau hari raya besar. Selain itu, pemberian kado juga sebagai wujud penghargaan atau menunjukkan rasa terima kasih terhadap keluarga, teman, maupun kolega.
Tradisi memberikan kado ini cenderung meningkat tiap tahun. Lihat saja, berdasarkan riset dari Business Research Insight, nilai pasar ritel hadiah global mencapai US$ 65.000 miliar. Nilai tersebut diproyeksikan terus naik hingga US$ 94.044 miliar pada tahun 2031 dengan tingkat pertumbuhan per tahun sebesar 3,74%.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.