Berita *Global

China Cetak Pertumbuhan Terendah Selama 28 Tahun Terakhir

Senin, 21 Januari 2019 | 10:00 WIB
China Cetak Pertumbuhan Terendah Selama 28 Tahun Terakhir

Sumber: Reuters | Editor: Dian Pertiwi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Ekonomi China tumbuh 6,4% pada kuartal keempat tahun lalu. Meski masih sesuai harapan, namun hasil ini lebih rendah dari pertumbuhan kuartal sebelumnya yang sebesar 6,5%.  

Pertumbuhan ekonomi pada periode September-Desember merupakan pencapaian terendah sejak krisis keuangan. Hasil ini, menambah kekhawatiran perlambatan global akan berlanjut.

Berdasarkan laporan Reuters, analis memproyeksikan produk domestik bruto (PDB) China tumbuh 6,4% pada periode Oktober-Desember. Sepanjang tahun 2018, ekonomi China hanya tumbuh 6,6%. Ini merupakan pencapai terendah dalam 28 tahun terakhir.

Para pembuat kebijakan China diperkirakan akan mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun ini dan mencegah terjadinya perlambatan lebih lanjut. Lambatnya pertumbuhan ekonomi China menambah tekanan pada pemerintah China untuk mencapai kesepakatan dengan Washington untuk mengakhiri perang dagang.

Secara triwulan, PDB China naik 1,5% pada periode Oktober hingga Desember, turun dari periode triwulan sebelumnya yang sebesar 1,6%.

 

Terbaru