Berita

Di Luar Kebiasaan, Bank Sentral Filipina Naikkan Overnight Sebesar 75 Bps

Kamis, 14 Juli 2022 | 10:53 WIB
Di Luar Kebiasaan, Bank Sentral Filipina Naikkan Overnight Sebesar 75 Bps

ILUSTRASI. Logo Bangko Sentral ng Pilipinas di gerbang utama kantornya di Manila, Filipina, 28 April 2016. REUTERS/Romeo Ranoco/File Photo.

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - MANILA. Bank sentral Filipina pada Kamis menaikkan suku bunga acuannya sebesar 75 basis poin (bps). Kenaikan yang di luar siklus itu dan mengisyaratkan kesiapan untuk mengambil tindakan kebijakan lebih lanjut untuk menahan tekanan inflasi yang meluas, demikian pernyataan gubernur Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP). 

BSP menaikkan bunga pinjaman overnight menjadi 3,25% secara efektif pada Kamis, demikian pernyataan Gubernur BSP Felipe Medalla dalam sebuah pengumuman melalui Facebook.
 
Langkah tersebut dilakukan menjelang pertemuan kebijakan reguler BSP yang dijadwalkan pada 18 Agustus, dan mengikuti dua kali kenaikan suku bunga berturut-turut sebesar 25 basis poin masing-masing pada bulan Mei dan Juni. 
 
Baca Juga: Tingkatkan Upaya Menghambat Inflasi, MAS Kembali Lakukan Pengetatan Moneter
 
"Dalam menaikkan suku bunga kebijakan lagi, Dewan Moneter mengakui bahwa pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut yang signifikan dijamin oleh tanda-tanda tekanan harga yang berkelanjutan dan meluas di tengah normalisasi pengaturan kebijakan moneter yang sedang berlangsung," kata Medall.
 
Dia mengatakan BSP siap "untuk mengambil tindakan lebih lanjut yang diperlukan untuk mengarahkan inflasi menuju jalur target-konsisten dalam jangka menengah sesuai dengan mandat stabilitas harga".
 
Di tempat lain di Asia Tenggara, bank sentral Singapura memperketat kebijakan moneternya pada hari Kamis, juga dalam langkah di luar siklus, untuk memperlambat inflasi ketika negara kota itu bergabung dengan negara-negara lain meningkatkan upaya untuk mengendalikan tekanan harga. 
 
Inflasi Filipina melonjak ke level tertinggi dalam hampir empat tahun di bulan Juni, dan secara luas diperkirakan akan tetap tinggi, mendorong rata-rata setahun penuh di luar kisaran target 2% -4%.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru
IHSG
7.087,32
1.11%
-79,50
LQ45
920,31
1.62%
-15,20
USD/IDR
16.177
-0,39
EMAS
1.347.000
0,15%
Terpopuler