Berita Ekonomi

Empat Bank Sentral di Asia Tenggara Meneken Kesepakatan LCS

Sabtu, 06 April 2019 | 08:44 WIB
Empat Bank Sentral di Asia Tenggara Meneken Kesepakatan LCS

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas, dan Bank of Thailand (BoT) menandatangani kerjasama penyelesaian transaksi perdagangan bilateral dalam mata uang lokal alias local currency settlement (LCS) framework. Ini merupakan kelanjutan dari kerjasama LCS antara BI dengan BMN serta BI dengan BoT pada tahun 2016 lalu.

Komitmen itu lahir dalam pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral se-ASEAN di Chiang Rai, Thailand. "LCS framework bisa memfasilitasi kegiatan ekonomi keuangan Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand secara efisien," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, Jumat (5/4).

Pasca penandatanganan kerjasama LCS 2016 lalu, penggunaan mata uang lokal untuk transaksi perdagangan antarnegara tersebut meningkat. Pada Kuartal I-2019, total transaksi perdagangan menggunakan baht mencapai Rp 185 miliar, naik dari periode sama 2018 sebesar Rp 96 miliar. Transaksi menggunakan ringgit juga naik jadi Rp 1 triliun, dari sebelumnya Rp 83 milia

Terbaru