Berita Ekonomi

Fintech Gencar Menggandeng Marketplace

Jumat, 17 September 2021 | 08:05 WIB
Fintech Gencar Menggandeng Marketplace

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan financial technology (fintech) lending semakin gencar menyalurkan kredit produktif. Salah satu cara fintech untuk menggenjot pinjaman produktif adalah menyasar pelapak yang ada di perusahaan marketplace.
Potensi bisnis yang besar menjadi alasan fintech berbondong-bondong menggandeng pemain marketplace.Modalku, misalnya telah menggandeng beberapa e-commerce untuk memberikan akses pendanaan kepada UMKM. Seperti Shopee, Bukalapak, Zilingo, dan JD.ID.
"Modalku cukup fokus menghadirkan fasilitas pembiayaan bagi pengusaha online, termasuk segmen mikro," kata Reynold Wijaya, Co-Founder dan CEO Modalku, kepada KONTAN, Rabu (15/9).

Selain soal potensi besarnya pasar, fintech menggandeng marketplace juga karena para peminjam relatif memiliki risiko kredit macet yang minim. Selama ini dari sisi penilaian pengajuan juga akan cukup terbantu dengan data yang tersedia di platform e-commerce. Modalku bisa melihat bagaimana riwayat transaksi penjual tersebut serta penilaian dari pembeli di kolom review.
Hal ini membuat Modalku cukup banyak menyalurkan ke pelapak e-commerce. Sampai saat ini, jumlah transaksi pinjaman yang disalurkan ke pengusaha online termasuk e-commerce mencapai 80% dari total jumlah transaksi pinjaman di Modalku.  

Tag

Baca juga