Berita *Global

Harga Komoditas Melonjak, China Catat Pertumbuhan Impor Tertinggi dalam 10 Tahun

Senin, 07 Juni 2021 | 11:18 WIB
Harga Komoditas Melonjak, China Catat Pertumbuhan Impor Tertinggi dalam 10 Tahun

ILUSTRASI. Tongkang pengangkut batubara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (15/2/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BENGALURU. Impor China pada Mei mencetak laju pertumbuhan tercepat selama 10 tahun terakhir. Data bea cukai negeri, pada Senin (7/6) menunjukkan, impor terdorong oleh lonjakan harga komoditas, sementara ekspor meleset dari ekspektasi.

Ekspor dalam nilai dolar AS tumbuh 27,9% pada bulan Mei dari tahun sebelumnya. Angka itu lebih lambat dari pertumbuhan 32,3% yang dilaporkan di bulan April dan meleset dari perkiraan analis sebesar 32,1%.

Impor pada Mei meningkat 51,1% dalam basis tahun-ke-tahun, meningkat dari kenaikan 43,1% pada April tetapi lebih lambat dari kenaikan 51,5% yang diperkirakan oleh jajak pendapat Reuters. Itu adalah pertumbuhan impor tercepat sejak Januari 2011.

Baca Juga: Ekonomi akan pulih, tapi apa kabar dengan IHSG

China mencatat surplus perdagangan sebesar $45,53 miliar untuk bulan tersebut, lebih besar dari surplus $42,86 miliar pada bulan April tetapi kurang dari $50,5 miliar yang diperkirakan oleh para analis.

Pemulihan cepat dalam permintaan pasar maju dan gangguan yang disebabkan oleh COVID-19 di negara-negara manufaktur lainnya telah memperkuat ekspor China, kata para analis.

Namun, eksportir bergulat dengan bahan baku dan biaya pengiriman yang lebih tinggi, kemacetan logistik dan penguatan yuan, yang mengurangi daya saing perdagangan. 

Harga komoditas seperti batu bara, baja, bijih besi dan tembaga telah melonjak tahun ini, didorong oleh pelonggaran penguncian pandemi di banyak negara dan likuiditas global yang cukup.

Baca Juga: Dampak relaksasi PPnBM otomotif terhadap penjualan ban akan terasa tahun 2022

Mata uang memperpanjang reli dalam beberapa pekan terakhir mendekati level tertinggi tiga tahun terhadap dolar, sementara kekuatannya belum mengurangi surplus perdagangan China, tetapi selanjutnya dapat membebani konsumen AS dengan harga yang lebih tinggi.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) sedang melakukan tinjauan kebijakan perdagangan AS-China, menjelang berakhirnya kesepakatan tahap pertama kedua negara pada akhir 2021. Kesepakatan itu menyerukan China untuk meningkatkan pembelian barang-barang pertanian AS, produk manufaktur.

Sejak Joe Biden menjabat sebagai Presiden AS pada Januari lalu, China telah meningkatkan keterlibatan dengan kepala perdagangan dan ekonomi AS. Wakil Perdana Menteri China Liu He berbicara dengan Menteri Keuangan AS Janet Yellen minggu lalu, hanya beberapa hari setelah pembicaraan dengan kepala Perdagangan AS Katherine Tai.

Selanjutnya: Imbal Hasil Reksadana Pasar Uang Masih Jadi yang Terbaik

 

 

Terbaru