Berita Global

Infinity dan Thyssenkrupp Meneliti Pemanfaatan Hidrogen Hijau dalam Produksi Lithium

Senin, 06 Desember 2021 | 15:00 WIB
Infinity dan Thyssenkrupp Meneliti Pemanfaatan Hidrogen Hijau dalam Produksi Lithium

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Logo Thyssenkrupp AG di kantor pusatnya di Essen, Jerman, 21 November 2018. REUTERS/Thilo Schmuelgen/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BENGALUR. Infinity Lithium Corp Ltd pada Senin (6/12, mengatakan akan berkolaborasi dengan unit usaha Thyssenkrupp AG. Kongsi perusahaan Australia dan Jerman itu akan mengeksplorasi penggunaan hidrogen hijau sebagai bahan baku memproduksi lithium.

Hidrogen hijau yang diproduksi dengan cara memisahkan molekul air dengan listrik dari pembangkit terbarukan, disebut-sebut sebagai cara bagi industri beremisi berat seperti pertambangan dan penerbangan untuk menghilangkan karbon.

Baca Juga: Pemerintah diminta segera lakukan aksi nyata komitmen penanganan perubahan iklim

Kolaborasi ini hadir saat lithium menjadi logam yang sangat berharga, karena merupakan bahan baku penting dalam pembuatan kendaraan listrik (EV). Permintaan EV melonjak secara global karena negara-negara maju berlomba untuk memenuhi target emisinya, dengan bergerak menuju moda transportasi yang lebih bersih.

Perusahaan akan memulai uji coba di fasilitas milik Thyssenkrupp di Jerman. Teknologi hasil penelitian itu berpotensi untuk diintegrasikan ke dalam proyek lithium San José Infinity di Spanyol, kata perusahaan Australia.

Perusahaan menandatangani perjanjian pasokan pada bulan Juni dengan LG Energy Solution Korea Selatan untuk memasok baterai lithium hidroksida dari proyek yang sama.


Baca juga