Jika Ingin Bisnis Membesar, Kawinkan Distribusi Luring dan Daring
KONTAN.CO.ID - Untuk memperbesar bisnis, jaringan peritel daring atau e-commerce tak cukup hanya memasarkan produk virtual saja. Jika ingin memperbesar pasar, mereka harus menguasai semua akses pemasaran termasuk distribusi toko fisik. Pola ini kerap disebut online to offline (O2O) yang bisa berarti sebaliknya atau offline to online, di mana peritel konvensional atau luring ekspansi ke layanan daring.
Belakangan, pola O2O ini ramai diterapkan oleh peritel di Indonesia. Mereka mengintip kesuksesan raksasa e-commerce asal Amerika Serikat (AS), Amazon yang sukses membuka toko fisik Amazon Go. "Tren O2O mulai banyak diadopsi," kata Asnan Furinto, pengamat marketing dari Bina Nusantara University.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.