Berita Komoditas

Kenaikan Harga Komoditas Menjadi Penopang Kinerja Reksadana Saham

Jumat, 02 September 2022 | 04:05 WIB
Kenaikan Harga Komoditas Menjadi Penopang Kinerja Reksadana Saham

Reporter: Aris Nurjani | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Agustus menjadi periode baik bagi kinerja reksadana. Ini tercermin dari kinerja rata-rata reksadana yang positif. Kondisi ini juga membuat rata-rata kinerja reksadana menjadi positif sepanjang tahun ini (lihat tabel: Kinerja Reksadana). 

Berdasarkan data Infovesta Utama, kinerja reksadana saham pada Agustus tumbuh paling tinggi diantara reksadana jenis lain. Vice President Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, kinerja reksadana saham naik karena harga komoditas. "Naiknya kinerja reksadana saham karena fokus ke komoditas energi, terutama ke batubara," ucap Wawan, Kamis (1/9). 

Baca Juga: Obligasi Pemerintah Sensitif Terhadap Risiko Perubahan Harga

Wawan bilang, reksadana yang bisa mengoptimalkan portofolio pada sektor komoditas khususnya energi akan mendapatkan kinerja paling baik.  IHSG pun berhasil menguat ditopang sektor energi

Kinerja reksadana pendapatan tetap juga tumbuh positif. Di Agustus saja, rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap positif 0,57% dan tumbuh 0,5% secara year to date. Sementara itu, reksadana campuran membukukan rerata kinerja 1,22% di bulan lalu dan 2,88% sepanjang tahun ini. Untuk reksadana pasar uang positif 0,2% pada Agustus dan 1,7% secara ytd.  

Head of Investment Specialist and Product Development Sucorinvest Asset Management Lolita Liliana mengakui rata-rata kinerja reksadana positif di Agustus. Rilis laporan keuangan emiten komoditas, perbankan, dan ritel yang menghasilkan kinerja positif menopang sentimen positif. 

Lolita bilang stabilitas yield obligasi karena intervensi BI ikut menopang kinerja aset pendapatan tetap. Apalagi fundamental domestik solid. 

Baca Juga: Kenaikan Suku Bunga Menekan Pasar Modal, Simak Saran Berinvestasi Reksadana

Terbaru