Berita Refleksi

Ketidakpastian

Oleh Khomarul Hidayat - Redaktur Pelaksana
Kamis, 02 Desember 2021 | 09:00 WIB
Ketidakpastian

Reporter: Harian Kontan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketidakpastian meningkat lagi. Munculnya varian baru Covid-19 yakni omicron membuat dunia kembali diliputi rasa was-was yang tinggi. Maklum saja, varian omicron konon memiliki tingkat penularan lebih cepat dibandingkan varian delta yang menimbulkan gelombang kasus Covid-19 di dunia.

Bukan itu saja, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah memberikan stempel varian omicron sebagai varian yang menjadi perhatian.

Tak pelak, kemunculan varian omicron membuat banyak negara memperketat lagi perbatasan dengan membatasi bahkan melarang masuknya orang dari negara-negara yang sudah terdeteksi ada penyebaran varian baru Covid-19 ini. Tak terkecuali Indonesia.

Tujuannya tak lain untuk membendung agar varian omicron tak masuk menyebar tanpa terkendali dan menjadi sumber gelombang baru wabah Covid-19. Seperti gelombang varian delta beberapa waktu lalu.

Selain vaksinasi dan pembatasan, sejauh ini belum ada jurus lain yang ampuh untuk mengendalikan pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini.

Ketidakpastian yang meningkat lagi ini tentu menjadi kabar buruk bagi perekonomian. Padahal, ekonomi baru mulai bangkit lagi setelah dunia termasuk juga Indonesia mampu melewati masa sulit gelombang Covid-19 akibat varian delta.

Pertumbuhan ekonomi berangsur menggeliat. Indeks manufaktur juga dalam mode ekspansi yang menandakan geliat sektor industri yang menyerap banyak tenaga kerja dan pendorong ekonomi ini.

Bahkan data terbaru indeks manufaktur Indonesia bulan November 2021 masih di atas level 50 dan ini berarti dalam tiga bulan berturut industri manufaktur kita dalam level ekspansi. IHS Markit menyebut, ini menunjukkan pemulihan  sektor manufaktur Indonesia dari gelombang Covid-19 varian delta.

Sayangnya saat ekonomi perlahan panas, kita sudah harus menghadapi ketidakpastian akibat potensi gelombang baru Covid-19.  Penyebaran varian omicron bisa menambah tekanan pada rantai pasokan yang terganggu pandemi, karena banyak negara memberlakukan pengetatan perbatasan  mencegah wabah.

Kita tidak tahu sampai kapan ketidakpastian Covid-19 ini akan hilang. Yang bisa dilakukan hanyalah mengendalikan penyebaran wabah menular ini agar ekonomi bisa tetap bergulir walau ada pembatasan. Butuh pengertian kita semua untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Sebab ini juga kunci penting memutus pandemi Covid-19.

Terbaru
IHSG
7.155,29
0.27%
-19,24
LQ45
923,49
0.84%
-7,86
USD/IDR
16.244
0,12
EMAS
1.319.000
0,08%