Berita Global

Lockdown dan Gangguan Rantai Pasok Gagalkan Toyota Penuhi Target Produksi di April

Senin, 30 Mei 2022 | 12:55 WIB
Lockdown dan Gangguan Rantai Pasok Gagalkan Toyota Penuhi Target Produksi di April

ILUSTRASI. Logo Toyota tampil dalam 89th Geneva International Motor Show di Jenewa, Swiss, 5 Maret 2019. REUTERS/Pierre Albouy

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Toyota Motor Corp pada Senin mengumumkan gagal mencapai target produksi global untuk April. Produsen otomotif asal Jepang itu menyebut lockdown Covid-19 dan pasokan sukucadang yang seret memperlambat pemulihan pascapandemi.

Produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan penjualan itu memproduksi 692.259 unit kendaraan bulan lalu, turun 9,1% dari bulan yang sama di tahun lalu. Realisasi produksi di April juga lebih rendah dari target produksi di seluruh dunia yang dipasangnya, yaitu 750.000 unit kendaraan.

Baca Juga: Kendati Tetap Dukung Ukraina, Uni Eropa Tak Kunjung Sepakati Paket Sanksi Keenam

Angka-angka tersebut menimbulkan pertanyaan tentang tingkat keparahan rantai pasokan yang dilanda pandemi dan bagaimana gangguan tersebut akan memengaruhi produksi dalam beberapa bulan mendatang.

Toyota pekan lalu menurunkan rencana produksi globalnya untuk Juni menjadi sekitar 800.000 kendaraan karena dampak langkah-langkah penahanan COVID-19 di China. Toyota juga mengisyaratkan kemungkinan pemangkasan rencana produksi selama setahun penuh menjadi 9,7 juta unit kendaraan.

Produsen otomotif itu pada Senin juga mengatakan bahwa penjualan globalnya turun 11,1% pada April dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya menjadi 763.708 unit kendaraan. Penjualan domestik, tidak termasuk penjualan unit Daihatsu dan Hino Motors Ltd, anjlok hampir 17% menjadi 103.143 unit kendaraan.

 

 

Terbaru