Memperkuat Walaraba agar Menembus Pasar Global

KONTAN.CO.ID - JAKARTA Potensi pengembangan waralaba di Indonesia masih sangat besar. Per Februari tahun ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat ada 311 waralaba beroperasi di negeri ini. Perinciannya, 157 waralaba dalam negeri dan 154 lainnya merupakan waralaba luar negeri. Dari jumlah tersebut, waralaba di Indonesia saat ini mampu menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 97.872 orang dengan total omzet mencapai Rp 143,25 triliun.
Menteri Perdagangan Budi Santoso mengatakan, dari jumlah tersebut, sektor waralaba food and Beverage (F&B) atau makanan dan minuman masih mendominasi dengan komposisi 47%, kemudian diikuti sektor kecantikan, pendidikan, nonformal, ritel dan lainnya. "Indonesia potensinya besar, kita ingin masuk ke pasar global. Kalau kita lihat sudah ada seperti Alfamart, Kebab Turki Baba Rafi, Ayam Gepuk Pak Gembus dan lain-lain," beber Budi, kemarin.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan