Memperkuat Walaraba agar Menembus Pasar Global
KONTAN.CO.ID - JAKARTA Potensi pengembangan waralaba di Indonesia masih sangat besar. Per Februari tahun ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat ada 311 waralaba beroperasi di negeri ini. Perinciannya, 157 waralaba dalam negeri dan 154 lainnya merupakan waralaba luar negeri. Dari jumlah tersebut, waralaba di Indonesia saat ini mampu menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 97.872 orang dengan total omzet mencapai Rp 143,25 triliun.
Menteri Perdagangan Budi Santoso mengatakan, dari jumlah tersebut, sektor waralaba food and Beverage (F&B) atau makanan dan minuman masih mendominasi dengan komposisi 47%, kemudian diikuti sektor kecantikan, pendidikan, nonformal, ritel dan lainnya. "Indonesia potensinya besar, kita ingin masuk ke pasar global. Kalau kita lihat sudah ada seperti Alfamart, Kebab Turki Baba Rafi, Ayam Gepuk Pak Gembus dan lain-lain," beber Budi, kemarin.
