Berita Global

Menemui PM Jepang, Gubernur BOJ Akan Koordinasi untuk Merespon Pelemahan Yen

Senin, 20 Juni 2022 | 15:11 WIB
Menemui PM Jepang, Gubernur BOJ Akan Koordinasi untuk Merespon Pelemahan Yen

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda di Tokyo, Jepang, 21 September 2017. REUTERS/Toru Hanai/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda pada Senin mengatakan bahwa bank sentral berharap untuk merespon pasar mata uang secara tepat, dan melakukaan koordinasi erat dengan pemerintah. Pernyataan Kuroda dinilai pasar sebagai peringatan baru Tokyo terhadap penurunan tajam yen baru-baru ini.

"Saya mengatakan kepada perdana menteri bahwa pergerakan yen yang cepat baru-baru ini tidak diinginkan," kata Kuroda kepada wartawan setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Fumio Kishida di kediaman resmi perdana menteri.

"(Kishida) tidak mengatakan sesuatu yang istimewa tetapi saya mengatakan kepadanya bahwa penting bagi mata uang untuk bergerak secara stabil yang mencerminkan fundamental ekonomi," tambah Kuroda.

Baca Juga: Jika Masalah Para Pemain Besar Tak Terkendali, Pasar Kripto Akan Kembali Guncang

Pelemahan yen yang cepat seperti yang terlihat baru-baru ini akan membawa ketidakpastian pada perencanaan bisnis perusahaan, katanya.

"Saya akan sepenuhnya mengawasi pergerakan mata uang dengan hati-hati mulai sekarang dan akan menanggapinya dengan tepat sambil berhubungan dengan pemerintah."

Kuroda mengatakan dia bertukar pandangan dengan perdana menteri tentang ekonomi global dan pasar keuangan pada pertemuan itu, yang merupakan bagian dari pertemuan rutin kedua belah pihak.

BOJ mempertahankan suku bunga sangat rendah pada Jumat dan berjanji untuk mempertahankan batasnya pada imbal hasil obligasi dengan pembelian tak terbatas, melawan gelombang pengetatan moneter global dalam menunjukkan tekad untuk fokus mendukung pemulihan ekonomi yang hangat.

Terbaru