Berita Market

Mengulik Prospek Investasi di Kripto Metaverse yang Kompak Melonjak

Sabtu, 18 Desember 2021 | 04:30 WIB
Mengulik Prospek Investasi di Kripto Metaverse yang Kompak Melonjak

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda pernah menonton film Ready Player One? Dunia yang digambarkan di film tersebut bakal terwujud lewat Metaverse. Melalui Metaverse, pengguna dapat bertemu langsung dengan orang yang diajak interaksi menggunakan avatar yang dimainkan. 

Bahkan di Metaverse ini pengguna juga bisa bertransaksi. Pembayaran antara lain dilakukan dengan mata uang kripto. Karena sekarang Metaverse makin beken, harga mata uang kripto Metaverse juga melonjak tajam.

Mata uang kripto Axie Infinity (AXY) dan Decentraland (MANA) bahkan masuk dalam daftar 30 duit kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. 

Baca Juga: Punya Kapasitas, Tokoin Siap Memasuki Era Metaverse

Kenaikan harga terjadi karena Mark Zuckerberg mengumumkan Facebook.Inc berganti nama menjadi Meta.Inc dan fokus mengembangkan dunia Metaverse. Sontak, aset kripto bertemakan Metaverse naik berlipat (lihat tabel). Kenaikan terbesar dialami Axie Infinity yang naik 17.418,11% sejak awal tahun, diikuti The Sandbox yang naik 13.616,69%. 

CEO Digital Exchange Duwi Sudarto Putra mengatakan, transisi Facebook ke Meta dan perpindahan ke metaverse mempercepat kemajuan teknologi ke depannya. "Aset digital secara umum diuntungkan penerapan revolusi teknologi satu ini," kata dia. 

Partner di Bullwhales Timotius Henry Laksmana meyakini Metaverse memiliki prospek menjanjikan mengingat belakangan ini semakin banyak orang menghabiskan waktunya di dunia virtual, baik game atau media sosial. 

"Harga kripto Metaverse bisa naik pesat karena berkaitan dengan game play to earn dan sistem NFT, di mana setiap aset di game maupun metaverse tercatat kepemilikannya dalam blockchain dan bisa dijual lagi," jelas Henry.

Metaverse juga bakal makin berkembang. Apalagi kini banyak pesohor ikut mempopulerkan Metaverse. Rapper Snoop Dogg misal telah membeli lahan di Sandbox dan membangun mansion besar untuk private party. Orang yang ingin bergabung harus membeli tiket menggunakan mata uang The Sandbox.

Baca Juga: Ada Pandemi Covid-19, Investor Tetap Incar Investasi Berisiko

Dari beberapa aset kripto bertemakan metaverse, Henry menilai prospek Sandbox (SAND) dan Decentraland (MANA) menarik. SAND lebih unggul karena partnership dengan berbagai nama besar. SAND punya project development lebih unggul serta valuasi relatif lebih kecil. 

Axie Infinity (AXS) juga menarik karena banyak digunakan untuk game play to earn. Pengguna bisa mendapat uang fiat dari game.  

Terbaru