Berita Global

Menurut CEO Rosneft, BP Masih Memegang Saham di Perusahaannya dan Proyek Migas

Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:01 WIB
Menurut CEO Rosneft, BP Masih Memegang Saham di Perusahaannya dan Proyek Migas

ILUSTRASI. Logo BP di stasiun charging mobil listrik di London, Inggris, 30 Januari 2021. REUTERS/Toby Melville

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - Igor Sechin, pimpinan Rosneft, pada Sabtu mengatakan bahwa BP masih tetap menjadi pemegang saham swasta terbesar. Kendati, BP telah menyatakan akan hengkang dari perusahaan minyak asal Rusia itu pada Februari, merespon invasi  Moskow ke Ukraina.

Banyak perusahaan Barat, termasuk perusahaan minyak, telah meninggalkan Rusia sejak Moskow mengirim angkatan bersenjatanya ke Ukraina pada 24 Februari.

Berbicara di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg, Sechin yang merupakan karib Presiden Vladimir Putin, mengatakan BP juga masih memiliki saham dalam proyek Rosneft skala besar termasuk Taas Yuriakh, Kharampurneftegaz dan Yermak Neftegaz.

"Semua tindakan ini menunjukkan keinginan untuk tetap menjadi peserta aktif di perusahaan Rosneft dan menunggu situasi geopolitik yang tidak menguntungkan tanpa kerugian nyata," kata Sechin.

Baca Juga: Pabrik Petrokimia Milik Sinopec di Shanghai Terbakar, Satu Orang Tewas

BP tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar pada hari Sabtu.

"Pengumuman penarikan tidak terduga untuk Rosneft dan tidak berdasar dari sudut pandang kemitraan 30 tahun yang sukses dari perusahaan kami," kata Sechin.

Dia juga mengatakan bahwa BP telah menerima US$ 36 miliar dari bisnisnya di Rusia sejak tahun 2003, dengan investasi sebesar US$ 10 miliar.

BP pada 27 Februari mengumumkan akan melepas 19,75% sahamnya di Rosneft mengakhiri tiga dekade kemitraan di antara kedua perusahaan. Tanpa penjelasan tentang rencana divestasinya, BP menyatakan akan menanggung beban finansiail hingga US$ 25 miliar.

Pada saat itu, Rosneft menyumbang sekitar setengah dari cadangan minyak dan gas BP dan sepertiga dari produksinya.

BP menerima pendapatan dari Rosneft dalam bentuk dividen dengan total sekitar $640 juta pada tahun 2021, sekitar 3% dari keseluruhan arus kas dari operasi.

Sechin mengatakan dividen BP akan ditransfer ke rekening khusus, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Rusia telah memberlakukan kontrol modal dan membatasi transfer mata uang asing lintas batas untuk mengatasi sanksi terkait Ukraina.

Rosneft berjanji untuk membayar dividen rekor 41,66 rubel ($0,7715) per saham pada hasil 2021, atau 50% dari laba bersihnya. Baca cerita selengkapnya

Berbicara di forum tersebut, Sechin juga mengkritik Barat atas kebijakan sanksinya, dengan mengatakan bahwa membuang minyak dan gas Rusia akan menjadi "bunuh diri energi" bagi Eropa, yang mencerminkan komentar Putin sebelumnya. 

Baca Juga: Ada yang Menawar US$ 13,1 Juta Lebih untuk Makan Siang Bersama Warren Buffet

Dia mengatakan sanksi telah secara efektif membayar upaya untuk merekayasa transisi ke energi hijau.

Sechin mengatakan dunia menghadapi defisit minyak jangka panjang karena kurangnya investasi, dan membutuhkan investasi tambahan sebesar US$ 400 miliar pada tahun 2030 untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Namun, dia mengatakan tingkat investasi tidak mungkin tercapai dan kekurangan bisa bertahan lama. 

Dengan keluar dari seluruh bisnisnya di Rusia, BP menanggung kerugian hingga US$ 25 miliar.

Terbaru