Berita Bisnis

MTN Pertamina Senilai US$ 10 Miliar Dapat Peringkat Baa2 dari Moody's

Selasa, 23 Juli 2019 | 19:05 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Moody's Investors Service menetapkan peringkat surat utang jangka menengah alias medium term notes (MTN) PT Pertamina di level Baa2. MTN senilai US$ 10 miliar itu memiliki prospek stabil. 

Moody's mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan posisi strategis Pertamina sebagai perusahaan minyak dan gas terintegrasi nasional di Indonesia, dengan produksi hulu yang signifikan. 

Di sisi lain, peringkat ini juga memperhitungkan berbagai regulasi di Indonesia yang tidak dapat diprediksi. "Selain itu ada risiko profitabilitas yang lebih lemah lantaran penyerapan beban subsidi bahan bakar negara," ujar Vikas Halan, Senior Vice President Moody's. 

Sejatinya pada 2018 lalu, pemerintah telah setuju untuk membayar kekurangan pendapatan yang timbul dari perbedaan harga jual dari pemerintah dan harga di pasar untuk jenis bahan bakar tertentu. Namun, hal ini ternyata tak langsung menambah arus kas Pertamina karena dibayarkan melalui angsuran.

Dalam dua tahun ke depan, Moody's memperkirakan arus kas ditahan terhadap utang bersih Pertamina akan ada di kisaran 24% hingga 28% dan tetap mendukung peringkat perusahaan. 

Peringkat Baa2 juga sudah berdasarkan prospek Pertamina yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Sementara itu, peringkat stabil juga menandakan Pertamina akan mengelola belanja modalnya sehingga bisa tetap menjaga baseline credit assesment perusahaan. 

 

Reporter: Narita Indrastiti
Editor: Narita Indrastiti


Baca juga