Berita Global

Naik 18 Tahun Berturut-Turut, Utang Jangka Panjang Jepang Lampaui 1 Kuadriliun Yen

Selasa, 10 Mei 2022 | 15:22 WIB
Naik 18 Tahun Berturut-Turut, Utang Jangka Panjang Jepang Lampaui 1 Kuadriliun Yen

ILUSTRASI. Papan informasi indeks Nikkei dan kurs yen di Tokyo Stock Exchange (TSE), Tokyo, Japan, January 4, 2019. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Utang jangka panjang Pemerintah Jepang untuk pertama kalinya melampaui kisaran 1 kuadriliun yen, atau setara US$ 7,67 triliun, demikian pernyataan Kementerian Keuangan Jepang. Nilai per tahun fiskal yang berakhir Maret itu memperlihatkan utang publik terbesar di antara negara-negara industri.

Utang jangka panjang yang beredar mencapai 1.017,1 triliun yen, meningkat untuk tahun ke-18 berturut-turut.

Nilai itu termasuk tagihan Treasury dan pinjaman lain, utang pemerintah nasional Jepang berjumlah 1.241,3 triliun yen, lebih dari dua kali ukuran ekonomi $5 triliun.

Utang pemerintah nasional naik 24,8 triliun yen dari tahun sebelumnya, mencapai rekor untuk tahun keenam berturut-turut.

Jepang menargetkan surplus anggaran primer, tidak termasuk penjualan obligasi baru dan biaya pembayaran utang pada akhir tahun fiskal Maret 2026. Namun target itu dinilai sulit untuk tercapai mengingat besarnya pengeluaran negeri itu untuk mendanai biaya mengatasi pandemi Covid-19.

Terbaru