Berita Market

Patok Harga IPO Rp 180 per Saham, Citra Putra Bidik Dana Segar Rp 93,60 miliar

Selasa, 15 Januari 2019 | 04:50 WIB
Patok Harga IPO Rp 180 per Saham, Citra Putra Bidik Dana Segar Rp 93,60 miliar

Reporter: Willem Kurniawan | Editor: Yuwono triatmojo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada 18 Januari mendatang, PT Citra Putra Realty akan menggelar penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Dalam keterbukaan informasi Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Senin (14/1), perusahaan ini menawarkan sahan perdana seharga Rp 180 per saham.

Harga tersebut merupakan harga rentang atas dari rentang harga saat penawaran awal, yakni Rp 160–Rp 180. Perusahaan anggota OSO Group yang bergerak di bidang properti dan jasa perhotelan ini membidik dana segar Rp 93,60 miliar dari IPO.

Bagi investor yang berminat, masa penawaran umum berlangsung dari 14 Januari hingga 15 Januari 2019. Dilaksanakan di PT Adimitra Jasa Korpora Rukan Kirana Boutique Office Jalan Kirana Avenue III Blok F 3 No. 5 Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam IPO ini, Citra Putra  melepas 520 juta saham baru kepada publik atau setara 20,23% dari modal disetor dan ditempatkan setelah IPO. PT Lotus Andalan Sekuritas dan PT OSO Sekuritas Indonesia dipercaya sebagai penjamin pelaksana efek atau underwriter.

Sebanyak 94% dana IPO akan digunakan untuk melakukan pembelian landbank di Pontianak, dengan luas 8.500 meter persegi di pusat kota. Sisanya, untuk modal kerja, yang rencananya untuk mendirikan bangunan hotel.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto melihat, prospek saham ini cukup bagus, mengingat persebarannya sekitar 20%. Perhotelan juga termasuk dalam sektor properti yang sedang menguat.

Hanya saja, kendalanya jumlah kunjungan wisatawan yang berpeluang menurun. "Karena masih banyaknya bencana alam. Tapi selebihnya tidak," kata William.

Dalam hitungan William, rata-rata price to earnings ratio (PER) emiten sejenis cukup tinggi, sekitar 20 kali. "Calon emiten ini masih lebih cocok ditransaksikan jangka pendek," jelas dia.

Sekadar menambahkan, Citra Putra yang didirikan pada 2009 ini memiliki satu hotel bintang lima, The Stones Entertainment Center di Bali, yang dikelola oleh Marriot International, serta The Clay Hotel di Jakarta.

Terbaru