Berita Ekonomi

Pemerintah Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal Kedua Maksimal 5,15% YoY

Senin, 24 Juni 2019 | 07:14 WIB
Pemerintah Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal Kedua Maksimal 5,15% YoY

Reporter: Grace Olivia | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Pemerintah memperkirakan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal kedua tahun ini sekitar 5,05%–5,15% secara tahunan atau year on year (yoy).

Jika dibandingkan dengan pertumbuhan kuartal II-2018 yang mencapai 5,27% yoy, perkiraan untuk pertumbuhan kuartal ini lebih rendah. Sebagai catatan, kuartal II-2018 merupakan pertumbuhan ekonomi kuartalan tertinggi sejak 2014.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi periode April-Juni lantaran realisasi investasi yang lebih rendah dari perkiraan. Investasi pemerintah yakni belanja modal yang masih turun sebesar 5,6% yoy.

Di sisi lain, investasi swasta juga diperkirakan melambat. "Kemungkinan karena ini periode dekat pemilu, banyak investasi yang wait and see sampai pemilu selesai," kata Suahasil Nazara, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Jumat (22/6).

Namun ia optimistis, pertumbuhan ekonomi akan mendapat dorongan dari konsumsi, karena ada momentum puasa dan Lebaran. Selain itu, pelaksanaan pemilu juga turut mendongkrak konsumsi lembaga non profit rumah tangga (LNPRT). Walaupun sumbangannya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tidak besar.


Baca juga