Berita Ekonomi

Pemerintah Targetkan Belanja Modal 2020 Melampaui Rp 200 T

Selasa, 21 Mei 2019 | 09:32 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah bakal memperbesar anggaran belanja modal tahun depan. Rencana ini ini sesuai dengan tema kebijakan fiskal tahun 2020, yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk akselerasi daya saing, melalui inovasi dan penguatan sumber daya manusia (SDM).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemeritah berencana meningkatkan alokasi anggaran belanja modal tahun depan agar kembali melampaui Rp 200 triliun. Target ini sesuai pembahasan bersama Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet beberapa waktu lalu.

Meski belum memprinci nilai persisnya, Menkeu menyebut kenaikan alokasi belanja modal itu untuk memenuhi fokus pemerintah, dalam program pembangunan SDM. "Apakah itu untuk pendidikan, kesehatan, atau untuk jaring pengaman sosial yang komprehensif," kata Menkeu, Senin (20/5).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro sebelumnya juga menyebut, pemerintah menetapkan prioritas nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020. Pertama, pembangunan sumber daya manusia dan pengentasan kemiskinan, kedua infrastruktur dan pemerataan wilayah, ketiga nilai tambah sektor riil; keempat industrialisasi dan kesempatan kerja; Kelima ketahanan pangan, air, energi, dan lingkungan hidup; dan keenam stabilitas pertahanan dan keamanan.

Direktur Jenderal Anggaran Kemkeu Askolani menyebut Kemkeu telah menghitung kebutuhan belanja SDM tahun depan, yang mencakup kartu-kartu sakti Presiden Joko Widodo, yakni kartu sembako, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Prakerja, Kartu Indonesia Sehat, dan Vokasi. Adapun pagu indikatif belanja kementerian dan lembaga (K/L) ditetapkan Rp 854 triliun.

 

Reporter: Benedicta Prima, Grace Olivia
Editor: Thomas Hadiwinata


Baca juga