Berita *Global

Permintaan Listrik Lesu, Produksi Batubara China Turun dari Rekor Tertingginya

Senin, 16 Mei 2022 | 11:04 WIB
Permintaan Listrik Lesu, Produksi Batubara China Turun dari Rekor Tertingginya

ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas di depan pembangkit listrik batubara di Shanghai, China, 14 October 2021. REUTERS/Aly Song

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Produksi batubara harian China pada April melonjak 11% dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan sejalan dengan instruksi Beijing ke industri pertambangan di negeri itu untuk mengerek pasokan demi memastikan keamanan pasokan energi negara itu. 

Kendati ada peningkatan dalam basis tahunan, volume turun dari realisasi di bulan Maret, yang merupakan rekor produksi tertinggi. Prospek permintaan dalam waktu dekat juga tidak kuat.

China, produsen batubara terbesar dunia, menambang 362,8 juta ton bahan bakar bulan lalu, data dari Biro Statistik Nasional menunjukkan pada hari Senin. Volume itu setara dengan 12,09 juta ton per hari.

Sedangkan volume produksi pada Maret mencapai 12,77 juta ton per hari. Dan realisasi produksi untuk April tahun sebelumnya sebesar 10,74 juta ton per hari.

Baca Juga: Pertahankan Kebijakan Jangka Menengah, POBC Diharap Lakukan Pelonggaran Tambahan

Produksi selama periode Januari-April adalah 1,45 miliar ton, juga 11% lebih tinggi dari pada periode yang sama tahun sebelumnya, data biro menunjukkan.

China bertujuan untuk meningkatkan produksi batubara harian di atas 12,6 juta ton dan membangun inventaris nasional sebesar 620 juta ton untuk memastikan pasokan yang cukup.

Pemerintah juga mendesak daerah-daerah yang sebagian besar bergantung pada batubara impor untuk menandatangani lebih banyak kontrak berdurasi setidaknya satu tahun dengan produsen batubara dalam negeri, untuk mengamankan pasokan.Baca cerita lengkapnya

Bank sentral China mengatakan bahwa, untuk mendukung lebih banyak produksi, mereka telah mengalokasikan pinjaman tambahan sebesar 100 miliar yuan ($14,7 miliar) yang didedikasikan untuk produksi, penyimpanan, dan pembelian batu bara oleh pembangkit listrik.

Baca Juga: Krisis Ukraina dan Pelemahan Yen Angkat Indeks Harga Grosir Jepang

Beijing juga telah menetapkan batas harga untuk batubara termal di bawah perdagangan spot dan kontrak berjangka untuk mengurangi tekanan inflasi dan menyeimbangkan keuntungan antara penambang batubara dan utilitas.

Namun, permintaan yang rendah dari sektor hilir, menyusul berbagai penutupan pabrik industri karena wabah Covid-19, dapat membebani pertumbuhan lebih lanjut dari produksi batubara.

Produksi listrik China selama jatuh ke tingkat yang terakhir terlihat pada Mei 2020. Output daya termal turun 12% dari tahun sebelumnya.

Persediaan batubara di pembangkit listrik yang tersebar di delapan wilayah pesisir China mencapai 29,66 juta ton pada 7 Mei. Angka itu 25% lebih tinggi daripada periode yang sama tahun lalu, menurut data yang dilacak oleh China Coal Transportation and Distribution.

Terbaru