Persaingan Sengit, Restoran Siap Saji Beradu Strategi

Rabu, 06 Maret 2019 | 09:29 WIB
Persaingan Sengit, Restoran Siap Saji Beradu Strategi
[]
Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agar tetap bertumbuh, para pengelola restoran makanan siap saji terus meramu bisnis pada tahun ini. Ada pemain yang berani mengerek harga jual produk, ada pula yang menahan harga jual dan memilih mengeluarkan menu yang relevan dengan kebutuhan pelanggan. Aneka strategi tersebut ditempuh lantaran persaingan di bisnis makanan siap saji begitu ketat.

PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), misalnya, masih memberlakukan harga jual seperti tahun lalu. Pemilik gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) ini lebih memilih merilis menu-menu yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan daripada menaikkan harga jual produknya.

"Kami belum berencana menaikkan harga pada tahun ini. Sebab, hal itu mempertimbangkan harga bahan baku, (kenaikan harga) tergantung kondisi cost of raw material," ujar Shivashish Pandey, Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk kepada KONTAN, Senin (4/3) lalu.

Langkah serupa dilakukan manajemen PT Rekso Nasional Food. Pemilik gerai McDonald's Indonesia ini belum mengerek harga jual. Manajemen McD mengaku belum menyesuaikan harga jual produknya hingga saat ini.

Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald's Indonesia menjelaskan, mereka belum menaikkan harga jual sejak 2017 lalu. Namun bila kelak harga bahan baku mengalami kenaikan, tentu saja McD akan mengerek harga jual, meski tidak signifikan.

"Nanti akan dilihat dulu komposisinya seperti apa. Tahun lalu tidak ada peningkatan harga. Tahun ini kalau pun naik, kami akan menjaga agar tidak terlalu tinggi karena kami mengerti konsumen kami," ujar dia.

Sedangkan PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA), pemilik jaringan gerai Pizza Hut, sudah lebih dulu mengerek harga jual. Perusahaan yang mengklaim menguasai 97% market share pasar pizza domestik itu sudah lebih dulu menaikkan harga jual untuk menyesuaikan bahan baku.

Kendati pabrik pasta milik PZZA sudah bisa memenuhi seluruh kebutuhan produksi, pabrik sausage miliknya baru memenuhi 60% kebutuhan setiap gerai sehingga masih mengandalkan bahan baku dari pemasok.

Frederick Estrada Cadlaon, Direktur PZZA menjelaskan, tahun ini mereka menargetkan pertumbuhan pendapatan dobel digit dan same-store sales growth (SSSG) mencapai 4% hingga 5%. "Kami sudah menaikkan harga jual pada Januari sekitar 2%-an, sudah adjust di Januari untuk Pizza Hut Restaurant dan Pizza Hut Delivery," ujar dia.

Kendati sudah mengerek harga jual sebesar 2%, Sarimelati terus memberikan pilihan menu dengan harga hemat. Selain demand yang bagus, menu hemat mampu mendatangkan minat kunjungan pelanggan ke gerai mereka.

Jeo Sasanto, Direktur PZZA menjelaskan, tahun ini tetap mengandalkan menu Sensasi Delight dengan harga Rp 40 ribuan dan menu My Box untuk PHD. Selain itu, setiap tahun ada 5-8 menu promosi dengan harga terjangkau.

KFC juga menggeber menu hemat di awal tahun. Crazy Deal dan Snack Bucket menjadi andalan untuk menarik minat pelanggan untuk datang ke gerai miliknya. "Jika value program dijalankan, penjualan biasanya berdampak kira-kira 20% di hari itu juga," ungkap Shivashish.

Adapun McD pekan lalu merilis menu permanen Rice Bowl yakni Rica-rica Chicken Rice, Rica-rica Fish Rice dan Blackpepper Chicken. Ketiga menu tersebut dijual masing-masing sebesar Rp 16.500 sudah termasuk PPN.

Selain perang menu hemat dan menahan harga jual, pada tahun ini pengelola restoran siap saji menggelar ekspansi dengan membuka gerai baru.

Sarimelati Kencana, misalnya, tahun ini ingin membuka 52 hingga 65 gerai baru. Pemilik Pizza Hut Restaurant dan Pizza Hut Delivery tersebut mengalokasikan anggaran sekitar Rp 450 miliar untuk ekspansi gerai.

Tidak mau kalah, Fast Food juga bakal membuka 60 gerai baru di sepanjang tahun ini. Jika rencana terwujud, pemilik gerai KFC Indonesia ini akan memiliki total 740 gerai hingga akhir tahun nanti.

Sedangkan Rekso Nasional Food menargetkan tahun ini menambah 15 hingga 20 gerai baru. Tak hanya menambah gerai McDonald's Indonesia, perusahaan ini pun bakal membuka beberapa gerai McCafe.

Ekspansi gerai pengelola restoran siap saji tidak lagi terjadi di kota besar, tapi sudah merambah ke kota dan kabupaten. Hal itu lantaran ketiganya siap memperkuat penetrasi dan ekspansi di kota-kota baru.

Bagikan

Berita Terkait

Berita Terbaru

Likuiditas Terseret Perlambatan Ekonomi
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 06:00 WIB

Likuiditas Terseret Perlambatan Ekonomi

Bank Indonesia (BI) mencatat, uang beredar luas (M2) April 2025 mencapai Rp 9.390,0 triliun, tumbuh 5,2% secara tahunan

Duit Asing Jadi Penopang Kekuatan IHSG Selama Sepekan
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 06:00 WIB

Duit Asing Jadi Penopang Kekuatan IHSG Selama Sepekan

Penguatan IHSG sepekan didorong masuknya aliran dana asing atau foreign inflow sebesar Rp 2,13 triliun di seluruh pasar. 

Pertamina Perlu Melanjutkan Sanksi Tegas kepada SPBU Nakal
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 06:00 WIB

Pertamina Perlu Melanjutkan Sanksi Tegas kepada SPBU Nakal

Pertamina sudah memberikan sanksi tegas terhadap 239 SPBU yang melakukan pelanggaran dalam menjalankan layanan SPBU.

Cerita Bos Tokocrypto Tertarik Kripto Sejak Kerja di AS
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 06:00 WIB

Cerita Bos Tokocrypto Tertarik Kripto Sejak Kerja di AS

Perjalanan investasi Calvin Kizana, CEO Tokocrypto cukup unik, karena terkait hobi mengoleksi action figure

Wanti-Wanti Bagi Pemerintah Agar Mempercepat Belanja
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 05:30 WIB

Wanti-Wanti Bagi Pemerintah Agar Mempercepat Belanja

Dari data Kementerian Keuangan (Kemkeu), realisasi belanja negara per akhir April sebesar Rp 806,2 triliun. 

Pada Akhir Tahun 2025, Bitcoin Berpeluang Terbang Menuju US$ 120.000
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 05:15 WIB

Pada Akhir Tahun 2025, Bitcoin Berpeluang Terbang Menuju US$ 120.000

Bitcoin (BTC) menembus  level tertinggi sepanjang masa alias all time high (ATH) ke US$ 111.980 pada Kamis (22/5)

Siasat Bintraco Dharma (CARS) di Tengah Pelemahan Industri
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 05:10 WIB

Siasat Bintraco Dharma (CARS) di Tengah Pelemahan Industri

Segmen otomotif tetap menjadi kontributor utama bagi kinerja CARS kuartal I-2025 melalui bisnis diler Toyota dengan merek Nasmoco.

Cidatel dan Sefas Akuisisi Seluruh SPBU Shell
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 05:10 WIB

Cidatel dan Sefas Akuisisi Seluruh SPBU Shell

Shell menjual seluruh jaringan SPBU yang ada di Indonesia kepada Cidatel Pasific Ltd dan Sefas Group.

Penerimaan Negara di Tangan Para Dirjen Baru
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 05:00 WIB

Penerimaan Negara di Tangan Para Dirjen Baru

Saat penerimaan negara turun, tugas berat menanti Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak dan Dirjen Bea Cukai baru

Demi Penuhi Free Float, JTrust Nego Investor
| Sabtu, 24 Mei 2025 | 04:50 WIB

Demi Penuhi Free Float, JTrust Nego Investor

PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (BCIC) masih berupaya untuk memenuhi Bursa Efek Indonesia (BEI) soal free float. 

INDEKS BERITA

Terpopuler