Persaingan Sengit, Restoran Siap Saji Beradu Strategi

Rabu, 06 Maret 2019 | 09:29 WIB
Persaingan Sengit, Restoran Siap Saji Beradu Strategi
[]
Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agar tetap bertumbuh, para pengelola restoran makanan siap saji terus meramu bisnis pada tahun ini. Ada pemain yang berani mengerek harga jual produk, ada pula yang menahan harga jual dan memilih mengeluarkan menu yang relevan dengan kebutuhan pelanggan. Aneka strategi tersebut ditempuh lantaran persaingan di bisnis makanan siap saji begitu ketat.

PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), misalnya, masih memberlakukan harga jual seperti tahun lalu. Pemilik gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) ini lebih memilih merilis menu-menu yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan daripada menaikkan harga jual produknya.

"Kami belum berencana menaikkan harga pada tahun ini. Sebab, hal itu mempertimbangkan harga bahan baku, (kenaikan harga) tergantung kondisi cost of raw material," ujar Shivashish Pandey, Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk kepada KONTAN, Senin (4/3) lalu.

Langkah serupa dilakukan manajemen PT Rekso Nasional Food. Pemilik gerai McDonald's Indonesia ini belum mengerek harga jual. Manajemen McD mengaku belum menyesuaikan harga jual produknya hingga saat ini.

Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald's Indonesia menjelaskan, mereka belum menaikkan harga jual sejak 2017 lalu. Namun bila kelak harga bahan baku mengalami kenaikan, tentu saja McD akan mengerek harga jual, meski tidak signifikan.

"Nanti akan dilihat dulu komposisinya seperti apa. Tahun lalu tidak ada peningkatan harga. Tahun ini kalau pun naik, kami akan menjaga agar tidak terlalu tinggi karena kami mengerti konsumen kami," ujar dia.

Sedangkan PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA), pemilik jaringan gerai Pizza Hut, sudah lebih dulu mengerek harga jual. Perusahaan yang mengklaim menguasai 97% market share pasar pizza domestik itu sudah lebih dulu menaikkan harga jual untuk menyesuaikan bahan baku.

Kendati pabrik pasta milik PZZA sudah bisa memenuhi seluruh kebutuhan produksi, pabrik sausage miliknya baru memenuhi 60% kebutuhan setiap gerai sehingga masih mengandalkan bahan baku dari pemasok.

Frederick Estrada Cadlaon, Direktur PZZA menjelaskan, tahun ini mereka menargetkan pertumbuhan pendapatan dobel digit dan same-store sales growth (SSSG) mencapai 4% hingga 5%. "Kami sudah menaikkan harga jual pada Januari sekitar 2%-an, sudah adjust di Januari untuk Pizza Hut Restaurant dan Pizza Hut Delivery," ujar dia.

Kendati sudah mengerek harga jual sebesar 2%, Sarimelati terus memberikan pilihan menu dengan harga hemat. Selain demand yang bagus, menu hemat mampu mendatangkan minat kunjungan pelanggan ke gerai mereka.

Jeo Sasanto, Direktur PZZA menjelaskan, tahun ini tetap mengandalkan menu Sensasi Delight dengan harga Rp 40 ribuan dan menu My Box untuk PHD. Selain itu, setiap tahun ada 5-8 menu promosi dengan harga terjangkau.

KFC juga menggeber menu hemat di awal tahun. Crazy Deal dan Snack Bucket menjadi andalan untuk menarik minat pelanggan untuk datang ke gerai miliknya. "Jika value program dijalankan, penjualan biasanya berdampak kira-kira 20% di hari itu juga," ungkap Shivashish.

Adapun McD pekan lalu merilis menu permanen Rice Bowl yakni Rica-rica Chicken Rice, Rica-rica Fish Rice dan Blackpepper Chicken. Ketiga menu tersebut dijual masing-masing sebesar Rp 16.500 sudah termasuk PPN.

Selain perang menu hemat dan menahan harga jual, pada tahun ini pengelola restoran siap saji menggelar ekspansi dengan membuka gerai baru.

Sarimelati Kencana, misalnya, tahun ini ingin membuka 52 hingga 65 gerai baru. Pemilik Pizza Hut Restaurant dan Pizza Hut Delivery tersebut mengalokasikan anggaran sekitar Rp 450 miliar untuk ekspansi gerai.

Tidak mau kalah, Fast Food juga bakal membuka 60 gerai baru di sepanjang tahun ini. Jika rencana terwujud, pemilik gerai KFC Indonesia ini akan memiliki total 740 gerai hingga akhir tahun nanti.

Sedangkan Rekso Nasional Food menargetkan tahun ini menambah 15 hingga 20 gerai baru. Tak hanya menambah gerai McDonald's Indonesia, perusahaan ini pun bakal membuka beberapa gerai McCafe.

Ekspansi gerai pengelola restoran siap saji tidak lagi terjadi di kota besar, tapi sudah merambah ke kota dan kabupaten. Hal itu lantaran ketiganya siap memperkuat penetrasi dan ekspansi di kota-kota baru.

Bagikan

Berita Terkait

Berita Terbaru

MPX Logistics (MPXL) Diversifikasi Bisnis di Tahun Depan
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 07:10 WIB

MPX Logistics (MPXL) Diversifikasi Bisnis di Tahun Depan

MPXL bakal mengoptimalkan strategi diversifikasi bisnis, termasuk dengan pengembangan angkutan komoditas.

Lanjutkan Pengejaran Pajak Kelas Kakap
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 07:09 WIB

Lanjutkan Pengejaran Pajak Kelas Kakap

Kanwil LTO membidik 35 wajib pajak konglomerat dengan tunggakan Rp 7,52 triliun​                    

Natal, Harmoni Kasih dan Kebersamaan
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 07:05 WIB

Natal, Harmoni Kasih dan Kebersamaan

Setiap pemeluk agama yang ada di negeri ini perlu untuk menyuguhkan kebajikan agar menjadi pesona dunia.

Suri Tauladan
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 07:05 WIB

Suri Tauladan

Pemberian pinjaman dari Danantara ke Krakatau Stell harusnya mengekor ke Biofarma dan Indofarma perihal info tenor dan suku bunga pinjaman.

Potensi Lonjakan Uang Beredar Belum Mencerminkan Fundamental Ekonomi
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 06:52 WIB

Potensi Lonjakan Uang Beredar Belum Mencerminkan Fundamental Ekonomi

Uang beredar pada periode Desember 2025 diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sekitar 11% hingga 13% yoy

Strategi Mandom Indonesia (TCID) Memoles Penjualan
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 06:50 WIB

Strategi Mandom Indonesia (TCID) Memoles Penjualan

Kinerja TCID sepanjang 2025 menunjukkan tren yang cukup baik. Merujuk laporan keuangan Januari–September 2025, penjualan tumbuh dua digit.

Suku Bunga Turun, ROI Dana Pensiun Terancam Melorot
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 06:38 WIB

Suku Bunga Turun, ROI Dana Pensiun Terancam Melorot

Hingga Oktober 2025, kinerja investasi dapen masih mencetak pertumbuhan, dengan tingkat return on investment (ROI) di level 7,03%.

Rupiah Masih Relatif Tertekan Sepanjang Minggu
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 06:25 WIB

Rupiah Masih Relatif Tertekan Sepanjang Minggu

Mata uang Garuda di pasar spot ditutup melemah 0,02% secara harian ke Rp 16.745 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Jumat (26/12)

Marjin Bisnis Gadai Bakal Makin Tebal
| Sabtu, 27 Desember 2025 | 04:15 WIB

Marjin Bisnis Gadai Bakal Makin Tebal

Dengan suku bunga yang lebih rendah, perusahaan gadai bisa mendapat biaya dana yang lebih ringan yang bisa berdampak positif pada profitabilitas.

Logisticsplus (LOPI) Amankan Kontrak Baru Pada 2026 Senilai Rp 80 Miliar
| Jumat, 26 Desember 2025 | 11:56 WIB

Logisticsplus (LOPI) Amankan Kontrak Baru Pada 2026 Senilai Rp 80 Miliar

PT Logisticsplus International Tbk (LOPI) menutup tahun buku 2025 dengan recognized revenue konsolidasi sekitar Rp 105 miliar.

INDEKS BERITA

Terpopuler