Berita Market

Perusahaan Petrokimia Beli Saham Bank Ganesha

Selasa, 08 Januari 2019 | 19:28 WIB

ILUSTRASI. PT Polychem Indonesia Tbk ADMG

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Polychem Indonesia Tbk (ADMG) melakukan transaksi pembelian saham PT Bank Ganesha Tbk (BGTG). Transaksi dengan harga pembelian Rp 83 per saham itu berlangsung pada 28 Desember 2018.

Perusahaan yang bergerak di industri kimia dan polyester itu memborong 114.435.970 saham. Setara dengan 1,03% dari seluruh saham yang diterbitkan dalam BGTG. Artinya, ADMG mengeluarkan dana sekitar Rp 9,5 miliar. 

Sebelumnya, Polychem Indonesia belum mengempit saham BGTG. Dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan Selasa (8/1), Gunawan Halim, Direktur ADMG menyebut transaksi itu bertujuan sebagai tambahan investasi yang dicatat sebagai efek yang dapat ditransaksikan.

Bukan cuma memborong saham Bank Ganesha, pada hari yang sama ADMG juga melakukan transaksi serupa atas saham emiten lain. Polychem Indonesia membeli 318.691.544 saham PT Equity Development Investment Tbk (GSMF). Dengan harga beli Rp 93 per saham, ADMG menggelontorkan dana hingga Rp 29,64 miliar.

Pasca transaksi tersebut, porsi kepemilikan ADMG di GSMF naik dari 3,44% menjadi 7,72%. Seperti halnya BBTG, transaksi ini bertujuan sebagai tambahan investasi yang dicatat sebagai efek yang dapat ditransaksikan.

Reporter: Tedy Gumilar
Editor: Tedy Gumilar


Baca juga