Berita Market

Prediksi Kurs Rupiah: Ditopang Stimulus Amerika Serikat

Senin, 30 Maret 2020 | 05:23 WIB
Prediksi Kurs Rupiah: Ditopang Stimulus Amerika Serikat

ILUSTRASI. Petugas menghitung pecahan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) di salah satu money changer di Jakarta, Senin (9/3). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah 0,08% ke level Rp 14.255 per dolar US di perdagangan hari Senin (9/3

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden AS Donald Trump resmi mengesahkan undang-undang paket stimulus US$ 2 triliun guna menanggulangi dampak virus corona, Jumat (27/3).

Efeknya, kurs rupiah akan menguat karena pasokan dollar AS bertambah di pasaran.

Baca Juga: Proyeksi IHSG: Rawan Profit Taking Meski Ada Potensi Penguatan

Kata Ekonom Bank Permata Josua Pardede, indeks dollar AS cenderung melemah saat bank sentral lain juga kompak mengeluarkan stimulus.

Rupiah terangkat karena asing bisa kembali lagi ke pasar saham dan obligasi dalam negeri. Namun Josua mengingatkan, bertambahnya pasien virus corona di beberapa negara masih berpotensi menekan rupiah.

Baca Juga: Bergerak Volatil, Kurs Rupiah Masih Dipengaruhi Wabah Virus Corona

Adapun analis Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan, penguatan rupiah juga karena katalis positif dari penurunan harga minyak dunia. Karena itu, Faisyal memproyeksikan, rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp 15.800-Rp 16.200 per dollar AS. Sedangkan, Josua memproyeksikan, kurs rupiah akan bergerak di posisi Rp 16.050 hingga Rp 16.250.

Akhir pekan lalu, Jumat (27/3), rupiah di pasar spot menguat 0,83% ke Rp 16.170 per dollar AS. Sementara, kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga mencatat rupiah menguat 0,60% ke Rp 16.230 per dollar AS.

 

Terbaru