Berita Bisnis

Prospek Bisnis Remitansi Masih Dihantui Pandemi

Minggu, 02 Mei 2021 | 10:22 WIB
Prospek Bisnis Remitansi Masih Dihantui Pandemi

ILUSTRASI. Kinerja remitansi pada tahun ini diproyeksi tidak akan berbeda jauh dengan tahun lalu akibat masih adanya pandemi. KONTAN/Baihaki/7/1/20010

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pandemi  Covid-19 diproyeksi masih menjadi kendala perbankan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis remitansi pada tahun ini. Piter Abdullah, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, mengatakan, pandemi Covid-19 akan memengaruhi kebutuhan TKI di luar negeri. 

Menurut Piter, kontraksi ekonomi di global menyebabkan kebutuhan TKI di luar negeri menurun. Walaupun, tidak ada gelombang kembalinya TKI dari luar negeri ke Indonesia, maupun sebaliknya.
 
Pasalnya, selama pandemi jumlah TKI tidak bertambah, bahkan cenderung berkurang. Kondisi ini menyebabkan jumlah atau nilai remitansi perbankan akan sulit terdongkrak  hingga akhir tahun ini.
 
Ia menduga, kinerja remitansi pada tahun ini tidak akan berbeda jauh dengan tahun lalu akibat masih adanya pandemi. "Saya kira remittance baru akan kembali tumbuh normal ketika pandemi sudah benar-benar berakhir, sehingga pengiriman TKI ke bisa kembali dilakukan lagi," katanya.


Baca juga