Berita Market

Rupiah Hari Ini Berpotensi Melemah Lagi Karena Konflik Rusia dan Bunga

Senin, 21 Maret 2022 | 05:15 WIB
Rupiah Hari Ini Berpotensi Melemah Lagi Karena Konflik Rusia dan Bunga

Reporter: Aris Nurjani | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah diperkirakan akan melanjutkan pelemahan hari ini (21/3). Tensi geopolitik Rusia-Ukraina yang memanas turut melemahkan rupiah.

Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo mengatakan, fokus pelaku pasar akan kembali kepada perkembangan konflik Eropa Timur. Maklum, data-data makroekonomi, baik dari luar maupun dalam negeri, cenderung sepi.

Pasar keuangan global juga mencermati lockdown di China sejalan dengan kasus Covid-19 yang kembali meningkat. Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, selain tertekan ketegangan global, investor juga dipengaruhi sentimen semakin rendahnya perbedaan suku bunga acuan antara AS dan Indonesia.

Meski begitu, sentimen mengecilnya spread ini hanya akan terasa dalam jangka pendek. "Berdasarkan data historikal, sentimen perbedaan bunga cenderung sementara," ujar Josua.

Sutopo memperkirakan rupiah hari ini bergerak di rentang di Rp 14.250-Rp 14.350 per dollar AS. Hitungan Josua, rupiah akan bergerak antara
Rp 14.300-Rp 14.425 per dollar AS.

Jumat (18/3), kurs spot rupiah berada di Rp 14.340 per dollar AS, turun 0,27% dalam sepekan. Kurs JISDOR turun 0,83% di Rp 14.340 per dollar AS.

 

 

Terbaru