Berita Market

Rupiah Sepekan Menguat Terkerek Data Eksternal

Sabtu, 12 Juni 2021 | 08:44 WIB
Rupiah Sepekan Menguat Terkerek Data Eksternal

ILUSTRASI. Rupiah sepekan menguat lantaran tapering tidak akan dilakukan dalam waktu dekat

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah cenderung bergerak menguat sepekan terakhir. Jumat (11/6), kurs spot rupiah ditutup menguat 0,41% jadi Rp 14.189 per dollar AS. Jika dihitung dalam sepekan, kurs spot rupiah menguat 0,74%.  

Sedang kurs tengah rupiah Bank Indonesia menguat 0,23% ke Rp 14.206 per dollar AS kemarin. Dalam sepekan, kurs tengah rupiah BI menguat 0,76%.

Menurut Head of Economics Research Pefindo Fikri C. Permana, kurs rupiah menguat karena data klaim pengangguran di AS kembali turun jadi 376.000 klaim, dari 385.000 klaim di pekan sebelumnya. "Ini mengurangi kekhawatiran atas rencana taper tantrum dan kenaikan suku bunga The Fed dalam waktu dekat," kata dia, Jumat (11/6).

Baca Juga: Sepekan menguat 0,74%, rupiah jadi mata uang dengan penguatan terbesar di Asia

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf menyebut,  di sisi lain memang inflasi AS saat ini tinggi. Inflasi AS di Mei naik sebanyak 5% secara year on year (yoy).

Ini merupakan kenaikan tahunan tertinggi sejak Agustus 2008. "Meski inflasi naik melebihi perkiraan, pelaku pasar cukup yakin The Fed berpandangan kenaikan inflasi cuma bersifat sementara," ujar dia.

Toh, Alwi menilai, data tersebut membuktikan ekonomi AS dalam pemulihan yang cepat. Ini akan membuat pelaku pasar kembali risk on, sehingga aset berisiko seperti rupiah juga kembali diburu.

Yield US treasury juga turun sepekan ini. Biasanya, penurunan ini diikuti penurunan indeks dollar AS. Alhasil, kurs rupiah bergerak menguat.

Alwi menambahkan, data ekonomi dalam negeri cukup optimistis. Indeks keyakinan konsumen (IKK) naik ke 104,4 dari 101,5. "Penjualan ritel juga naik sebesar 15,6% untuk pertama kalinya, setelah sebelumnya mengalami kontraksi 16 bulan berturut-turut," jelas Alwi.

Baca Juga: Syarat minimal S1, ini info lowongan kerja Bank Indonesia Juni 2021

 

Terbaru